Kota Cimahi • Inspektorat Kota Cimahi

Inspektorat Kota Cimahi


Nama SKPD : Inspektorat Kota Cimahi
Alamat : Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi Gedung B Lantai II Jl. Rd. Demang Hardjakusumah
No. Telp / No. Fax : 6630330 / 6654508
Alamat Email : -
Alamat Website : -


Dasar Hukum

 Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 79 tahun 2005 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, disebutkan bahwa pengawasan atas penyelenggaran pemerintahan daerah adalah proses kegiatan yang ditujukan untuk menjamin agar pemerintah daerah berjalan secara efisien dan efektif sesuai dengan rencana dan ketentuan peraturan perundang-undangan. Dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2007 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Departemen dalam Negeri dan Pemerintah daerah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Cimahi melalui Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 3 Tahun 2011 tentang perubahan atas Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 9 Tahun 2008 tentang Lembaga Teknis Daerah dan Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Cimahi telah menetapkan Inspektorat Kota Cimahi sebagai pelaksana unsur pengawsan penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah di Kota Cimahi. Berdasarkan Peraturan Daerah tersebut dinyatakan bahwa Inspektorat Kota Cimahi mempuanyai tugas pokok melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah yang meliputi pengawasan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan serta urusan kesekretariatan.

Tupoksi

-

Visi dan Misi

Visi : " Melalui Pengawasan Berwawasan Pembinaan Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Kota Cimahi yang Transparan dan Akuntabel "

Misi :

a. Penyelenggaraan tata kelola Pemerintahan Kota Cimahi yang baik, transparan dan akuntabel.

b. Pengebangan integras, profesionalisme dan kompetesi Aparatur Pengawasan Inspektorat Kota Cimahi.

c. Mendorong dukungan administratif terhadap peran pengadilan intern Inspektorat Kota Cimahi

Kegiatan Unggulan

    Program adalah kumpulan kegiatan yang sistematis dan terpadu untuk mendapatkan hasil yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa instansi pemerintah ataupun dalam rangka kerjasama dengan masyarakat, guna mencapai sasaran tertentu.

   Program Pendayagunaan Aparatur Pengawasan merupakan program Inspektorat Kota Cimahi dalam melaksanakan tugas dan fungsi Inspektorat Kota Cimahi yang didukung dengan beberapa pelaksanaan kegiatan antara lain sebagai berikut:

  1. Penyusunan Rencana kegiatan pengawasan fungsional meliputi pengawasan yang berkaitan denangan pelaksanaan pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat Kota Cimahi, Inspektorat Propinsi Jawa Barat, BPKP, BPK RI dan APIP lainnya.
  2. Pelaksanaan pemeriksaan reguler mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan baik pelaksanaan fisik maupun non fisik.
  3. Pelaksanaan pemeriksaan kasus khusus atas pengaduan masyarakat dan kondisi yang menimbulkan keharusan untuk dilaksanakan pemeriksaan.
  4. Monitoring dan pemantauan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah baik pelaksanaan fisik maupun non fisik, mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan serta pertanggungjawaban keuangan (SPJ).
  5. Evaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah baik pelaksanaan kegiatan, maupun laporan keuangan.
  6. Koordinasi pengawasan dengan unsur-unsur terkait (Inspektorat tingkat regional maupun Nasional, Itjen, BPKP, BPK dan APIP lainnya) dan penyampaian informasi melalui Gelar Pengawasan dari hasil pemeriksaan dalam upaya peningkatan kinerja instansi pemerintah.
  7. Memfasilitasi pelaksanaan tindak lanjut terhadap hasil pemeriksaan Inpektorat Kota Cimahi, Inspektorat Propinsi Jawa Barat, BPK RI, BPKP, Itjen dan APIP lainnya.
  8. Memberikan pelayanan terhadap masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kota Cimahi dan pelayanan lainnya secara keseluruhan berdasarkan tupoksi Inspektorat Kota Cimahi.
  9. Peningkatan Sumber Daya Manusia Pengawasan melalui bidang Pelatihan, Pendidikan, Sosialisasi dan Seminar/lokakarya yang terkait dengan pengawasan serta pembinaan baik dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi (Inspektorat Kota Cimahi) maupun APIP penyelenggara lainnya.
  10. Peningkatan sarana dan prasarana dalam upaya meningkatkan kinerja bawasda Kota Cimahi.
  11. Peningkatan peran pengawasan lebih mengarah kepada suatu unit kerja untuk meningkatkan kualitas kinerja sesuai rencana dan ketentuan yang berlaku melalui koordinatif, partisipatif dan Konsultatif.

Kegiatan Cimahi

Headline News