Kota Cimahi • Bagian Administrasi Pembangunan

Bagian Administrasi Pembangunan


Nama SKPD : Bagian Administrasi Pembangunan
Alamat : Jl.Raden Demang Hardjakusumah Blok Jati Cihanjuang Cimahi 40513
No. Telp / No. Fax : 022- 6654274 (123) / 022- 6654274 (113)
Alamat Email : adbang@cimahikota.go.id
Alamat Website : -


Dasar Hukum

Peraturan Daerah Kota Cimahi No 7 tahun 2008 tentang Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Cimahi dan Peraturan Daerah Kota Cimahi No 1 tahun 2011 tentang Perubahan atas Perda Kota Cimahi No 7 Tahun 2008 tentang Sekretariat Daerah dan Sekretariat DPRD Kota Cimahi.

Tupoksi

No. Nama Jabatan Tugas Pokok Fungsi Uraian Tugas
1 Kepala Bagian Administrasi pembangunan Merencanakan operasional, mengelola, mengoordinasikan, mengendalikan, mengevaluasi dan melaporkan program dan kegiatan di bidang administrasi pembangunan.
  1. Penyusunan bahan kebijakan pemerintahan daerah dibidang administrasi pembangunan;
  2. Penyelenggaraan tugas bidang administrasi pembangunan yang meliputi Administrasi Program, Pengendalian Program dan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  3. Pengaturan program dan kegiatan organisasi yang meliputi Administrasi Program, Pengendalian Program dan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  4. Pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan yang meliputi  administrasi program, pengendalian program dan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa
  1. Merumuskan bahan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA) sesuai lingkup tugasnya dan mengoordinasikan lingkup Setda;
  2. Mengoordinasikan Subbag Administrasi Program, Subbag Pengendalian Program, dan Subbag Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  3. Merumuskan bahan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai lingkup tugasnya;
  4. Merumuskan program dan kegiatan lingkup Bagian Administrasi Pembangunan;
  5. Menyusun bahan perumusan kebijakan daerah yang meliputi urusan Administrasi Program, Pengendalian Program dan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  6. Menyelenggarakan administrasi keuangan dan aset daerah di lingkup tugasnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. Menghimpun, memaduserasikan dan mengoordinasikan penyusunan program, kegiatan serta anggaran lingkup Sekretariat Daerah;
  8. Menghimpun laporan dokumen rencana dari seluruh SKPD terdiri dari TOR, RENJA, RKA jadwal pelaksanaan kegiatan dan pembiayaan;
  9. Menghimpun laporan dokumen realisasi terdiri dari rekapitulasi fisik dan keuangan dari seluruh SKPD;
  10. Menghimpun laporan pelaksanaan kegiatan seluruh SKPD;
  11. Melaksanakan pengendalian dan monitoring program pelaksanaan kegiatan dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan dilingkungan Pemerintah Kota Cimahi;
  12. Melaksanakan evaluasi program kegiatan dilingkungan Pemerintah Kota Cimahi;
  13. Menyusun bahan kebijakan koordinasi teknis penyusunan program pembangunan dan pengendalian program pembangunan, serta evaluasi dan pelaporan pembangunan daerah;
  14. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  15. Mempelajari, memahami dan melaksanakan ketentuan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  16. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  17. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  18. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  19. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
 2 Kepala Sub Bagian Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa

Merencanakankegiatan, melaksanakan, membagi tugas, dan mengontrol kegiatan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;

  1. Perencanaan kegiatan pengendalian program;
  2. Pelaksanaan kegiatan pengendalian program;
  3. Pembagian tugas kegiatan pengendalian program;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Menyusun bahan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA) sesuai lingkup tugasnya;
  2. Menyusun bahan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai lingkup tugasnya;
  3. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya;
  4. menyusun bahan kerangka acuan kerja/petunjuk pelaksanaan kegiatan pengendalian program;
  5. Menghimpun laporan pelaksanaan kegiatan seluruh SKPD;
  6. Menghimpun dan mengkaji laporan dokumen realisasi terdiri dari rekapitulasi fisik dan keuangan dari seluruh SKPD sebagai bahan evaluasi;
  7. Melaksanakan pengendalian dan monitoring program pelaksanaan kegiatan dalam tahap perencanaan dan pelaksanaan dilingkungan Pemerintah Kota Cimahi;
  8. Melaksanakan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan dilingkungan Pemerintah Kota Cimahi;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan ketentuan yang berlakuyang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.
 3 Kepala Sub Bagian AdministrasiLayanan Pengadaan Barang dan Jasa

Merencanakan kegiatan, melaksanakan, membagi tugas, dan mengontrol kegiatan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;

  1. Perencanaan kegiatan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  2. Pelaksanaan kegiatan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  3. Pembagian tugas kegiatan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  1. Menyusun bahan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA) sesuai lingkup tugasnya;
  2. Menyusun bahan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai lingkup tugasnya;
  3. Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya; 
  4. Mengkoordinasikan Penyelenggaraan Administrasi Layanan Pengadaan Barang dan Jasa;
  5. Memfasilitasi penyelenggaraan Pengadaan Barang dan Jasa;
  6. Memfasilitasi Penyelenggaraan Pengadaan Secara Elektronik atau e-Procurement;
  7. Memfasilitasi Pengembangan Sistem dan Prosedur terkait dengan Pengadaan Barang dan Jasa;
  8. Memfasilitasi Pengembangan SDM terkait dengan Pengadaan Barang dan Jasa;
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  10. Mempelajari, memahami dan melaksanakan ketentuan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  11. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  12. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  13. Menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Atasan.

Visi dan Misi

"TERWUJUDNYA SEKRETARIAT DAERAH KOTA CIMAHI YANG UNGGUL SEBAGAI PELAYAN ADMINISTRASI, KOORDINASI DAN PERUMUSAN KEBIJAKAN DAERAH DIDUKUNG OLEH SUMBER DAYA YANG BERKUALITAS BERAZASKAN GOOD GOVERNANCE"

Kegiatan Unggulan

No. Nama Program Nama Kegiatan
1. Pengendalian Perencanaan Pembangunan Daerah Penyusunan Analisa Standar Belanja
2. Pengembangan Data Informasi Penyusunan Profil Daerah
3. PengendalianPerencanaanPembangunanDaerah Fasilitasi Pelaksanaan Pengadaan Barang Jasa Secara Terintegrasi dan Bebantuan Elektronik
4. Pengendalian Perencanaan Pembangunan Daerah Monitoring, Evaluasi, Pengendalian dan Pelaporan Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah

Kegiatan Cimahi

Headline News