Loading...

Kompetisi Inovasi Cimahi Motekar Award (ChiMA) Tahun 2021 Untuk Kategori Unsur Pemerintah

Bambang S. 20 Desember 2021 416 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Hari ini kita sedang memasuki era yang semakin penuh dengan tantangan, penuh dinamika,  modern dan kompleks. Kondisi kehidupan manusia di dunia dengan cepat bisa berubah setiap saat dan sebagai konsekuensinya, tantangan dan masalah yang dihadapi oleh penduduk di berbagai belahan dunia juga semakin kompleks.

Kondisi pandemi covid 19 yang masih kita hadapi bersama saat ini, adalah salah satu contoh bagaimana dunia dan perilaku manusia bisa berubah sedemikan cepatnya manakala kita dihadapkan pada suatu kondisi yang memaksa kita untuk selalu waspada dan berupaya untuk dapat memutus rantai penularan wabah penyakit ini.

Di tengah kondisi yang berat dan kurang menguntungkan ini tentu saja ide-ide dan gagasan inovatif menjadi sebuah hal yang sangat kita tunggu dan harapkan bersama, sehingga dapat menjadi solusi yang jitu agar kita bisa segera keluar dari kondisi ini.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh ASN pada lingkungan pemerintah Kota Cimahi, karena di tengah kesibukan menjalankan tugas dan fungsinya sebagai abdi masyarakat serta keterbatasan gerak akibat social and physical distancing tetap antusias untuk berpartisipasi mengikuti Kompetisi Inovasi Cimahi Motekar Award (ChiMA) tahun ini.

Seluruh rangkaian dan tahapan penilaian kompetisi telah dilalui bersama, dengan melalui berbagai metode, mekanisme yang telah kita rancang sedemikian rupa agar kegiatan ini dapat terus berjalan di tengah kondisi pandemi yang sedang kita hadapi.

Disadari atau tidak oleh kita bersama, bahwa pelaksanaan kompetisi ini pun sejatinya merupakan sebuah bagian dari inovasi yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Kota Cimahi, bagaimana seluruh rangkaian tahapan kompetisi alhamdulillah bisa dilalui walaupun di tengah keterbatasan yang kita hadapi saat ini.

Pemerintah Kota Cimahi berharap agar inovasi-inovasi yang lahir melalui kompetisi ini tidak lantas berhenti disini saja, namun dapat terus dijalankan secara konsisten, bahkan terus dikembangkan di tengah masyarakat.

Harapan selanjutnya, inovasi-inovasi ini dapat direplikasi secara cepat, sehingga akan semakin luas cakupan kelompok masyarakat yang merasakan manfaatnya.

Inovasi yang lahir pada lingkungan pemerintah daerah kami harapkan dapat semakin meningkatkan kinerja layanan publik kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.

Kita berharap kegiatan kompetisi inovasi ini dapat dijadikan agenda tahunan di Kota Cimahi. Semoga tahun depan kompetisi ini diselenggarakan dengan mekanisme dan tahapan yang jauh lebih baik lagi. Dan apabila diperlukan, kita bisa membuat kompetisi ini dalam sebuah rangkaian kegiatan yang terencana dengan baik dan terintegrasi. Karena dengan semakin banyak peserta, akan meningkatkan kualitas kompetisi, dengan demikan kita dapat berpotensi meningkatkan Indeks Inovasi Daerah (IID) Kota Cimahi.

Alhamdulillah upaya kita semua untuk dapat terus menggelorakan semangat berinovasi dan kreatifitas ternyata diapresiasi dengan sangat positif baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun oleh Pemerintah Pusat.

Baru-baru ini pemerintah daerah Kota Cimahi ditetapkan sebagai salah satu Kota Kreatif di Indonesia tahun 2021 oleh Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI, bersanding dengan 11 kabupaten dan kota kreatif lainnya di Indonesia.

Kemudian pada ajang kompetisi Inovasi Jawa Barat ( KIJB ) tahun 2021 yang baru saja digelar, Kota Cimahi pun menorehkan prestasi yang sangat baik, yaitu 2 inovasi Kota Cimahi yang berasal dari UPTD Cimahi Technopark dan RSUD Cibabat berhasil menembus pada top 45 inovasi terbaik, bahkan salah satu diantaranya terpilih menjadi salah satu top 10 inovasi terbaik, selain juga meraih Penghargaan Abdi Bakti Tani tahun 2021.

Pada kegiatan awarding implementasi program  Smart City yang baru saja dilaksanakan, Kota Cimahi mendapat penghargaan kategori 17 kabupaten /kota terbaik atas capaian implementasi program Smart City pada dimensi Smart Economy.

Selanjutnya pada ajang kompetisi yang sangat prestisius pada tingkat nasional lainnya yaitu Innovative Government Award (IGA) tahun 2021 yang diselenggarakan oleh KEMENDAGRI RI, berdasarkan radiogram yang telah kita terima bersama bahwa Kota Cimahi terpilih dan menempati peringkat ke 5 sebagai salah satu Kota Terinovatif di Indonesia, bersanding bersama kota-kota besar dalam skala nasional.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa kompetisi IGA Kemendagri tahun 2021 ini menjadi sangat spesial, karena pada tahun ini proses verifikasi validasi kedalaman dan data dukung inovasi dari masing-masing daerah dilakukan melalui mekanisme internal dan eksternal quality control, dimana Kemendagri bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia, dan berdasarkan hasil verifikasi validasi yang telah dilaksanakan, inovasi-inovasi Kota Cimahi dinilai memiliki kualitas yang sangat baik.

Hal ini tentu saja harus menjadi penyemangat dan menambah kepercayaan diri kita semua, agar dapat terus berinovasi dan hasil dari jerih payah kita akan bernilai dan dibalas oleh pemerintah pusat, salah satunya adalah dalam bentuk dana insentif daerah (DID).

Melalui dana ini kita bisa menggunakannya untuk pembangunan kota termasuk peningkatan inovasi pelayanan publik yang dampaknya akan terasa oleh masyarakat.

Berdasarkan evaluasi pelaksanaan kompetisi inovasi tahun 2021 ini di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi maupun pada ajang kompetisi iga kemendagri ternyata masih ada beberapa OPD yang masih belum berpartisipasi dengan mengirimkan inovasinya.

Saya berharap dan sekaligus menginstruksikan agar pada pelaksanaan kompetisi inovasi tahun depan seluruh OPD agar turut berpartisipasi semua tanpa terkecuali.

Masyarakat sangat menunggu ide-ide dan gagasan inovatif dari kita, terlebih di masa pandemi seperti saat ini yang tentu saja terasa berat untuk kita semua. Kita harus peka dan sensitif terhadap berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh masyarakat kita. Dengan berbagai ide dan gagasan inovatif diharapkan berbagai permasalahan dan kendala tersebut dapat kita atasi secara efektif dan efisien. Tahun depan, Tim Klinik Inovasi Keliling ( KLINSING ) Bidang Litbang Bappeda dapat lebih mengoptimalkan lagi peran dan fungsinya dalam mengawal inisiasi inovasi, mengembangkan serta mengevaluasi efektifitas berbagai inovasi yang ada.