Loading...

Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi

Bambang S. 13 Desember 2021 3273 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

        Mal Pelayanan Publik ini awalnya digagas oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN RB. Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

       Sesuai arahan pemerintah pusat, Penyelenggaraan MPP ini bertujuan untuk mengintegrasikan pelayanan, untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan, kenyamanan, dan keamanan pelayanan; serta meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan berusaha.

      Pemerintah Daerah Kota Cimahi sendiri sejak tahun 2019 sudah berupaya dalam pembangunan MPP ini dimulai dari penyediaan lahan, perencanaan dan pembangunan fisik bangunan.

Pemerintah Kota Cimahi ingin dengan MPP ini dapat membahagiakan masyarakat, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan publik.

      Mal Pelayanan Publik ini didirikan adalah untuk menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat. Bangunan pemerintahan yang kami miliki saat ini di Komplek Pemkot Cimahi di jalan Demang Hardjakusumah dirasa kurang memadai bagi masyarakat yang datang untuk kami layani.

Oleh karenanya kami sangat ingin menghadirkan layanan yang memadai dan nyaman ketika mereka datang kepada kami untuk mengurus segala keperluan adminstrasi pemerintahan yang dibutuhkan.

Nantinya masyarakat tidak perlu datang ke beberapa tempat untuk mengurus surat atau administrasi yang diperlukan. Masyarakat cukup datang ke satu tempat untuk mengurus itu semua yaitu di MPP Kota Cimahi.
      Saat ini lokasi MPP yang sedang dibangun berlokasi di jalan Aruman Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara yang dibangun di lahan sekitar 8000 m2 dengan luas bangunan 8934 m2 tediri dari 4 lantai dengan dua lantai berfungsi sebagai ruang pelayanan dan dua lantai lainnya berfungsi sebagai ruang kantor.

        Layanan di MPP nantinya tidak hanya layanan yang biasa disediakan oleh Pemerintah Kota Cimahi, tetapi juga layanan yang diselenggarakan pemerintah pusat, BUMN dan swasta.

Pemerintah Kota Cimahi telah berkoordinasi dengan 20 instansi eksternal pemkot Cimahi yang akan menyediakan layanan di MPP nanti. Diantaranya BPJS, Pajak Pratama, BPN, Kepolisian, Taspen, PDAM, PLN, Imigrasi dan masih banyak lagi layanan lainnya seperti perbankan, pos dan giro, bahkan kami juga nanti akan sediakan layanan pegadaian.

        Mereka dari instansi pusat, BUMN dan swasta telah menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk bergabung dan berpartisipasi pada MPP Kota Cimahi. Saat ini Pemerintah Kota Cimahi juga sedang berupaya di MPP nanti disediakan layanan keimigrasian yaitu pembuatan passport, sehingga warga Kota Cimahi tidak perlu jauh ke Kota Bandung untuk mendapatkan passport, cukup di MPP Kota Cimahi.

            Di MPP nanti akan disediakan sarana prasarana yang memadai untuk kenyamanan masyarakat yang akan mengurus surat administrasi pemerintahan. Di dalam area layanan publik nanti tidak hanya disediakan loket atau tenan layanan, tetapi juga disediakan coffee corner, termpat bermain anak, ruang laktasi, layanan foto copy, bahkan kami juga menyediakan klinik kesehatan.

           Selain itu di MPP nanti juga akan ada UKM corner yang memajang produk-produk lokal kebanggaan Kota Cimahi. Kami juga menyediakan layanan mandiri yaitu kami sediakan perangkat komputer dan jaringan internet yang memadai, sehingga masyarakat dapat melakukan pendaftaran online di MPP nanti dengan didampingi petugas. Di MPP juga disediakan area parkir yang memadai sehingga semakin memudahkan masyarakat yang datang ke MPP.

         Saat ini Pemerintah Kota Cimahi sedang mempersiapkan segala sesuai terkait pelaksanaan MPP, termasuk didalamnya pelayanan secara online. Kami saat ini sedang membangunan aplikasi pendukung pelayanan MPP diantaranya aplikasi antrian online, website MPP yang berisi segala informasi pelayanan di MPP nantinya. Termasuk juga layanan pengaduan dan survei kepuasan masyarakat secara online.

           Masyarakat dapat mengetahui sampai sejauhmana proses yang telah mereka ajukan. Layanan online ini juga dapat diakses tidak hanya pada perangkat komputer tetapi juga pada perangkat mobile.

Beberapa layanan yang sudah ada saat ini baik pada instansi pemerintah daerah maupun instansi pemerintah pusat, sudah didukung oleh layanan pendaftaran online sehingga tantangan kami kedepannya bagaimana layanan online tersebut dapat terintegrasi satu sama lainnya.

          Saat ini MPP Kota Cimahi masih dalam tahap pembangunan fisik dan interior dan sudah masuk ke tahap akhir (finishing). Pemerintah Kota Cimahi usahakan launcing MPP dapat kami laksanakan di tahun 2022. Pemerintah Kota Cimahi memohon dukungan dan doa masyarakat Kota Cimahi untuk kelancaran pembangunan fisik bangunan MPP sehingga penyelenggaraan MPP dapat segera terlaksana.