Loading...

Peran Penyandang Disabilitas dalam Pembangunan

Bambang S. 05 Mei 2022 577 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemerintah Kota Cimahi menyadari bahwa Kota Cimahi memiliki keterbatasan sumber daya alam, akan tetapi Kota Cimahi memiliki sumber daya manusia yang banyak dan luar biasa, salah satunya adalah para penyandang disabilitas.

  Para penyandang disabilitas telah banyak berperan dalam pembangunan khususnya di Kota Cimahi ini, semoga ini dapat menggugah kita semua akan pentingnya pemenuhan perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di berbagai sektor kehidupan.

  Hal ini telah diamanatkan dalam undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, dimana negara wajib hadir untuk memenuhi dan melindungi hak-haknya sebagai warga negara dan negarapun wajib hadir untuk menegakan hak-hak penyandang disabilitas dan sebagai anak-anak bangsa yang juga harus berkontribusi untuk menghadapi masa depan.

Penyandang disabilitas merupakan bagian dari masyarakat yang mempunyai kedudukan, hak, kewajiban dan peranan yang setara demi mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan penyandang disabilitas di segala bidang.

  Diperlukan pengakuan, penghormatan atas harkat dan martabat manusia yang melekat dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sehingga mendapatkan penerimaan penuh di segala lapisan masyarakat. Untuk pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas ini diperlukan sarana prasarana dan upaya yang lebih memadai, terpadu dan berkesinambungan dari para pemegang kebijakan, pemerintah dan aparaturnya serta dukungan masyarakat dan pihak swasta.

  Selama ini keberadaan dan hak kaum disabilitas telah dikukuhkan ke dalam produk hukum. Indonesia telah memiliki Undang-Undang nomor 39 tahun 1999 tentang HAM, undang-undang nomor 19 tahun 2011, serta Undang-Undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

  Pemerintah Kota Cimahi untuk kedepannya secara bertahap dapat mengambil langkah-langkah yang konkret untuk membangun pendidikan yang layak dan inklusif bagi penyandang disabilitas serta menyediakan lapangan pekerjaan misalnya melalui penerimaan cpns 2019 dan tahun 2021 yang lalu, pemerintah Kota Cimahi menerima cpns bagi penyandang disabilitas.

  Melalui berbagai upaya dalam pembangunan sumber daya manusia khususnya penyandang disabilitas, selalu pimpinan daerah, saya mengingatkan semua pihak untuk selalu berupaya mendorong perwujudan masyarakat inklusi dan membuka kesempatan yang seluas-luasnya, serta menghilangkan hambatan bagi penyandang disabilitas sehingga dapat berpartisipasi aktif dalam membangun negeri lndonesia tercinta.

  Kita patut bersyukur kepada allah swt, meskipun sudah 2 (dua) tahun kita mengalami pandemi Covid-19, kita masih dapat bertahan dan mulai bangkit bersama-sama dengan masyarakat di belahan dunia lainnya.

  Pandemi membawa banyak perubahan dalam tatanan kehidupan, juga tantangan untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

  Melalui kegiatan-kegiatan seminar atau sarasehan dapat dibahas permasalahan dan solusi untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas, yaitu antara lain bagaimana meningkatkan kesadaran masyarakat tentang disabilitas, menghilangkan stigma terhadap penyandang disabiitas dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.

  Ke depan, menjadi tekat kita semua untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dalam menghadapi segala tantangan, dan menjadi bangsa yang maju, diperlukan adanya inklusivitas penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.