Loading...

Geliat Laskar Sangkuriang Dalam Persepakbolaan Nasional

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 28 November 2022 285 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Dalam kancah sepakbola nasional, Tatar Pasundan menjadi salah satu daerah dengan tradisi sepakbola yang sudah “membudaya”, hingga saat ini Persib Bandung menjadi tim tersukses di tanah Jawa Barat.

Namun seiring berjalannya waktu Pertumbuhan tim-tim sepak bola di tanah Jawa Barat semakin berkembang pesat dan merata, tak terkecuali di Kota Cimahi.

Persikoci Kota Cimahi atau yang saat ini lebih dikenal dengan PSKC Kota Cimahi merupakan sebuah klub sepak bola yang berdiri sejak tahun 2001, dan mengalami perkembangan yang sangat pesat Sampai dengan saat ini.

Sejak berdiri 21 tahun yang lalu PSKC Kota Cimahi memang lebih banyak berkutat pada divisi bawah persepakbolaan nasional,  perubahan yang signifikan dari prestasi Laskar Sangkuriang baru terasa sejak perubahan format kompetisi sepak bola nasional mulai musim 2010 an.

Saat itu Laskar Sangkuriang julukan PSKC Kota Cimahi berhasil menjuarai kompetisi Liga 3 tingkat provinsi Jawa Barat sebanyak tiga kali secara berturut-turut,  hal ini merupakan pencapaian yang istimewa karena baru ada tim yang berhasil menjadi Kampiun kompetisi Liga Jawa Barat dengan catatan gelar "Hattrick"

PSKC juga menjadi tim dengan jumlah capaian laga final terbanyak di kompetisi Liga 3 Provinsi Jawa Barat tercatat tim yang pernah diarsiteki oleh legenda Persib Bandung Robby Dawis tersebut,  sudah pernah menembus partai Puncak Liga 3 Jawa Barat sebanyak empat kali.

Puncaknya Laskar Sangkuriang berhasil menorehkan prestasi terbaiknya hingga saat ini dengan promosi ke Liga 2 Indonesia pada musim 2019, setelah menjadi runner up kompetisi Liga 3 nasional. 

Pasang surut perjalanan PSKC Cimahi dalam mengarungi Liga 2 Indonesia pun menjadi cerita tersendiri, pada musim 2021 misalnya, laskar sangkuriang hampir terdegradasi Kembali ke Liga 3, untungnya PSKC berhasil bertahan dengan menduduki peringkat 5 klasemen Grup B tepat dibawah Badak Lampung FC.

Selain perkembangan dari komposisi tim dan permainan saat ini Pemerintah Daerah Kota Cimahi turut mensuport tim kebanggaan kota hijau tersebut, salah satu upaya nyata ialah ground breaking revitalisasi stadion Sangkuriang yang sudah dimulai pada pertengahan Tahun 2022.

Pemugaran Stadion bersejarah di Kota Cimahi tersebut dimulai dari perbaikan kualitas rumput lapangan yang saat ini sedang dilakukan agar memiliki standar International yang sesuai dengan peraturan FIFA.

Dengan keterbatasan anggaran pemerintah yang dimiliki oleh Kota Cimahi revitalisasi Stadion Sangkuriang, akan dilaksanakan dalam beberapa tahap pekerjaan hingga Stadion tersebut nantinya layak untuk digunakan sebagai markas PSKC Kota Cimahi.

Sepak bola memang bukan hanya sekedar olahraga, namun sepak bola telah menjadi bagian dari budaya yang Tak Terpisahkan termasuk di Kota Cimahi.