Senin
28 November 2022 lalu menjadi salah satu tonggak sejarah baru dari proses
pelayanan masyarakat di Kota Cimahi. Bagaimana tidak, kota yang berpenghuni
sekitar 600 ribu jiwa tersebut akhirnya memiliki Mall Pelayanan Publik. (MPP).
MPP sendiri merupakan tempat terlaksananya kegiatan penyelenggara
layanan publik baik barang ataupun jasa pada suatu tempat dalam rangka
menyediakan pelayanan cepat, mudah dan
akuntabel.
Hal
ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Daerah Kota Cimahi serius untuk terus
meningkatkan pelayanan bagi warga masyarakat kota Cimahi khususnya, dalam
berbagai aspek kebutuhan.
Sejak
awal Mall Pelayanan Publik kota Cimahi memang dirancang agar dapat memenuhi
harapan masyarakat, termasuk di dalamnya
terkait dengan penyediaan sarana dan prasarana layanan publik yang memadai dan
nyaman, diantaranya ialah dengan
memberikan kemudahan akses, ketersediaan
parkir, fasilitas bagi anak dan ibu
menyusui, fasilitas bagi penyandang
disabilitas bahkan hingga ke ruang tunggu yang nyaman telah terkonsep dengan
cukup baik oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi.
Proses
dan mekanisme pelayanan yang terintegrasi juga menjadi salah satu tujuan
dibuatnya Mall Pelayanan Publik, hal ini
tidak lepas dari Kemajuan dan perkembangan teknologi yang sangat cepat sehingga
membuat sistem pelayanan publik saat ini harus cepat beradaptasi dengan keadaan
guna memberikan fasilitas dan layanan terbaik bagi masyarakat.
Dibangun
di lahan seluas 8.786 M² dengan luas bangunan sebesar 8.934 M², Mall Pelayanan
Publik kota Cimahi memiliki 39 stand layanan, mencakup kependudukan, pelayanan
perpajakan, layanan imigrasi hingga
pelayanan Kecamatan yang ada di Mall Pelayanan Publik ke-11 di Povinsi Jawa
Barat tersebut.
Namun
dengan telah beroperasinya Mall Pelayanan Publik di Kota Cimahi bukan berarti Pemerintah
Daerah telah berpuas diri, Pemerintah
Daerah Kota Cimahi harus terus mampu meningkatkan kualitas pelayanan kualitas
sumber daya manusia hingga penerapan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan
kemajuan zaman sehingga kedepannya warga masyarakat kota Cimahi merasa nyaman
dan puas akan layanan yang telah diberikan.
Hal
ini juga Senada dengan target dari pemerintah pusat yaitu menciptakan Good
Government, Service Excellent pada setiap sektor Lini pemerintahan