Loading...

Sinergi Pemerintah Daerah Kota Cimahi Bersama TNI Polri Siap Tingkatkan Rasa Keamanan Warganya

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 21 Desember 2022 2057 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Akhir-akhir ini tindak kriminalitas di beberapa daerah cenderung mengalami peningkatan, tak terkecuali di Kota Cimahi

Berbagai tindak kekerasan dan kriminal belakangan kerap terjadi di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kota Bandung tersebut.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi, tidak tinggal diam,  guna menjamin rasa keamanan bagi warganya Pemkot Cimahi bersama stakeholder keamanan yakni TNI - Polri, terus melakukan sinergitas dan kolaborasi secara berkelanjutan untuk menciptakan ketertiban dan keamanan di kota hijau tersebut.

Peningkatan patroli, penindakan pelaku kriminalitas hingga pemusnahan narkotika dan minuman keras menjadi salah satu contoh kegiatan kolaborasi yang terus dilakukan oleh para pemangku kebijakan yang ada di kota Cimahi.

Tentunya peningkatan rasa aman dan nyaman di Kota Cimahi, tidak akan dapat terlaksana dengan mudah tanpa bantuan partisipasi aktif dari masyarakat.

Untuk itu peran serta masyarakat akan sangat membantu pemerintah dan juga TNI-Polri untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan tentram.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan masyarakat dalam mengantisipasi tindak kriminalitas.

1. Selalu ketahui keadaan.Kenali lingkungan. Pengetahuan merupakan alat yang sangat ampuh dalam memerangi kejahatan. Edukasi dari berbagai macam individu dapat menjadi kunci terhadap semua jenis pencegahan kejahatan.

2. Bicaralah dengan para tetangga. Dengan mengenal para tetangga, Anda mengenali orang-orang yang tinggal di dalam lingkungan. Pencuri dapat memasuki rumah salah satu tetangga dan Anda mungkin tidak akan berpikir dua kali jika Anda tidak mengenal penghuninya. Jika anak dari seseorang menimbulkan gangguan terhadap rumah orang lain, Anda dapat menghubungi orang tuanya jika Anda mengenalnya.

3. Pelajari kejadian-kejadian wajar di lingkungan Anda untuk membantu mengenali ketika terdapat hal yang aneh.

4. Ketahui kejahatan-kejahatan di daerah Anda. Carilah di internet atau surat kabar lokal untuk menyimak mengenai tindak kejahatan di sekitar Anda. Hubungi kantor polisi setempat untuk mengetahui apakah mereka dapat memberitahukan statistik kejahatan kepada Anda.

5. Bicaralah dengan penegak hukum di daerah Anda.Dengan bekerjasama dengan lembaga penegak hukum di daerah Anda, Anda dapat membantu mereka untuk selalu mengetahui mengenai lingkungan Anda. Selain itu, mereka dapat membantu memberi dukungan dan pendidikan kepada warga. Ingatlah bahwa penegak hukum ingin membantu diri Anda.

6. Jangan menghubungi nomor telepon darurat jika tidak terdapat hal yang darurat.

7. Kunjungilah kantor polisi secara langsung untuk meminta informasi.

Masyarakat Kota Cimahi dapat menghubungi Polresta Cimahi di Call Center Pengaduan Polresta Cimahi (022)-6652095, (022)-6643333, (022)-6634299 atau TMC SATLANTAS POLRES CIMAHI 0821-1900-6006 Email : rescimahi.jabar@polri.go.id untuk melakukan pengaduan ketertiban dan keamanan

8. Gunakan media untuk memfokuskan perhatian.Hal ini dapat dilakukan untuk wilayah yang penuh dengan kejahatan, serta untuk proyek masyarakat yang digunakan untuk merehabilitasinya. Media dapat diminta untuk mempublikasikan acara-acara masyarakat dan mempromosikan edukasi publik. Media juga dapat digunakan untuk memberitahu mengenai kejahatan di wilayah yang tidak diawasi dengan baik.