Loading...

Ini Tips Aman dan Nyaman Untuk Liburan Akhir Tahun

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 25 Desember 2022 2193 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Tak terasa tahun 2022, tinggal menyisakan hitungan hari, salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu adalah ketika berlibur di akhir tahun. Liburan pada akhir tahun ini membutuhkan persiapan yang lebih matang, baik dari segi alokasi anggaran, logistik, kesehatan diri hingga rencana perjalanan.

Hal ini mengingat telah memasuki high season atau musim ramai pengunjung yang dimana destinasi wisata cenderung lebih ramai. Oleh karena itu, perlu persiapan sebelum berlibur bagi anda yang ingin liburan di akhir tahun. Wargi perlu memastikan kapan dan berapa lama perjalanan selama liburan dan mempersiapkan perjalanan termasuk alokasi anggaran, logistik, dan kesehatan.

Berikut tips yang bisa dilakukan agar momen yang paling ditunggu-tunggu tetap aman, nyaman dan menyenangkan: 

1. Persiapan anggaran liburan

Momen liburan akhir tahun kali ini tentunya akan menguras tabungan. Hal ini merupakan aspek krusial yang harus dilakukan ketika ingin berlibur di akhir tahun. Untuk itu, perlu persiapkan mengalokasikan anggaran liburan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan seperti penginapan, transportasi, makan, tiket masuk tempat wisata dan oleh-oleh.

2. Jaga kesehatan

Liburan dalam kondisi tidak sehat akan membuat pengalaman liburan terganggu dan tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan tubuh tetap sehat menjelang liburan dan selama perjalanan liburan.

Mulai dari menjaga pola makan yang bergizi dan istirahat yang cukup.Selain itu, rutin olahraga ringan seperti jogging agar tubuh terbiasa aktif ketika sedang berlibur.

3. Tentukan destinasi wisata

Sebelum melakukan perjalanan berlibur, wargi perlu mengumpulkan informasi lengkap mengenai destinasi liburan. Kumpulkan informasi liburan selengkap mungkin dari objek wisata dan destinasi yang dituju melalui internet, media sosial dan sumber lainnya. Pastikan destinasi liburan yang dipilih memiliki biaya hidup yang sesuai dengan alokasi budget yang sudah ditentukan. Penting untuk menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata, biaya transportasi, hingga harga tiket masuk ke tempat wisata.

4. Pesan akomodasi dan transportasi lebih awal

Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang liburan akhir tahun lebih mahal dibandingkan periode biasanya.Pada high season harga tiket transportasi meningkat sekitar 10 hingga 20 persen. Memesan akomodasi maupun tiket transportasi liburan lebih awal akan memungkinkan dapat harga yang lebih terjangkau.

5. Bawa uang dan perlengkapan secukupnya

Setelah mengumpulkan informasi tentang destinasi, transportasi, dan harga tiket tempat wisata yang akan dituju, pastikan wargi membawa uang secukupnya agar tidak boros atau kekurangan uang selama berlibur.Keberadaan uang tunai masih penting, apalagi ketika menyambangi tempat yang tidak bisa menerima pembayaran elektronik. Kemudian, bawa juga perlengkapan sesuai dengan durasi liburan agar tidak kerepotan membawa barang.

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi masukan bagi wargi cimahi yang ingin berlibur dengan aman dan nyaman di akhir tahun ini.