Loading...

Inilah Sisi Kemanusiaan Warga Cimahi Yang Membawa Mereka Lampaui Target

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 16 Januari 2023 226 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Masyarakat kota Cimahi kembali berhasil menorehkan prestasi yang cukup membanggakan.

Dilansir dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cimahi warga Cimahi dengan bergotong-royong mampu mengumpulkan dana kemanusiaan pada Tahun 2022 sebesar 394 juta.

Bulan Dana PMI sendiri merupakan upaya untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial masyarakat dalam hal ini warga Kota Cimahi dalam bentuk penggalangan dana Untuk meringankan penderitaan sesama, hingga membantu korban bencana alam dan non alam.

Hasil Bulan Dana tersebut akan dimanfaatkan juga untuk membantu pelayanan sosial kesehatan dan kemasyarakatan di wilayah kota Cimahi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 40 hari sejak November 2022 hingga akhir Desember 2022 lalu ini menunjukkan bahwa sebagian besar warga masyarakat kota Cimahi memiliki tingkat empati sosial yang tinggi di tengah dinamika sosial ekonomi yang terjadi.

Tentunya ini sejalan pula dengan target dari pemerintah baik pusat ataupun daerah yaitu melaksanakan implementasi pelayanan sosial dan kemanusiaan baik dalam bentuk bantuan korban bencana alam hingga mitigasi bencana.

Lebih lanjut lagi semula target jumlah penggalangan dana kemanusiaan dari PMI di wilayah kota Cimahi hanya 325 juta saja,  namun target tersebut ternyata tembus hingga 121% dari target semula sehingga kota Cimahi mampu mengumpulkan dana kemanusiaan hingga di atas 345 juta rupiah.

Latar Belakang Bulan Dana PMI

Sesuai dengan UU No. 1 Tahun 2018 sumber pendanaan PMI, salah satunya adalah berasal dari donasi masyarakat yang tidak mengikat untuk melaksanakan tugasnya. Tetapi yang terpenting adalah karena PMI tidak berpihak pada golongan, politik, ras, suku atuapun agama tertentu dalam menjalankan tugasnya. Dalam pelaksanaannya juga tidak ada perbedaan, mengutamaan korban yang paling membutuhkan segera untuk keselamatan jiwanya. PMI memberi dari dan oleh serta untuk rakyat. Kita membantu, untuk saudara saudara kita yang membutuhkan. Dari kita untuk kita.

PMI memberikan pelayanan kesehatan, pelayanan ambulance, pelayanan dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana, pelayanan pemulihan hubungan keluarga, pembinaan generasi muda dan relawan, pengolahan air bersih dan sosialisasi serta diseminasi kepalangmerahan.

Musibah bencana alam, tentunya tidak terprediksi, tidak diduga-duga. Dan ketika musibah itu datang, macam macam yang bisa terjadi. Dari kehilangan harta benda, kehilangan anggota keluarga, kehilangan kemerdekaan mengerjakan sesuatu. Untuk itu, rasanya wajib untuk kita saling membantu. Adapun Pengelolaan pendanaan Bulan PMI ini dilaksanakan secara transparan, tertib, dan akuntabel sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.