Loading...

Jadi Visi Kota Cimahi, Yuk Kenali Makna Cimahi Campernik

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 30 April 2024 268 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Pemerintah Daerah Kota Cimahi resmi mengusung "Cimahi Campernik" menjadi visi teranyar "Kota Tentara", hal itu di ungkapkan Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi dalam Musrenbang Tahun 2025 Tingkat Kota Cimahi beberapa waktu yang lalu.

lalu apa sebenarnya makna "Cimahi Campernik"?

Visi Cimahi Campernik ialah Kota Maju, Unggul, dan Berkelanjutan untuk pembangunan 20 tahun ke depan.

Cimahi Campernik berarti kota yang aman yang secara historis dikenal sebagai kota pendidikan militer dan selanjutnya berkembang menjadi  kota yang memiliki aktivitas ekonomi.

Hal ini sejalan dengan  Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026 Pemkot Cimahi yang memiliki visi 'Cimahi Kota Cerdas'. Visi tersebut merupakan visi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cimahi tahun 2005-2025.

Menurut Dicky Sektor-sektor seperti industri pengolahan dan jasa perdagangan merupakan salah satu potensi yang potensial, karena Kota Cimahi merupakan salah satu dari bagian inti kawasan Metropolitan Bandung Raya. 

Dengan basis kreativitas dan teknologi digital yang terus bergerak maju Diki optimis bahwa Cimahi Campernik menjadi visi yang sesuai untuk membangun kota yang maju unggul dan berkelanjutan untuk pembangunan dalam 20 tahun ke depan. 

Adapun misi pertama ialah mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat berakhlak mulia, berbudaya, menerapkan ilmu dan teknologi serta memiliki jejaring sosial produktif dan unggul. 

Misi kedua yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. 

Misi ketiga ialah meningkatkan perekonomian yang berdaya saing serta berbasis inovasi daerah. 

Misi keempat ialah mewujudkan keserasian pembangunan yang berkeadilan dan yang kelima mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan. 

Lebih lanjut dalam pembangunan Kota Cimahi Tahun 2025 tema yang akan diusung ialah perwujudan stabilitas ekonomi dan peningkatan daya saing sumber daya manusia,  latar belakang pengambilan tema ini ialah sebagai upaya untuk mewujudkan kondisi perekonomian Kota Cimahi yang tercermin dengan indikator makro ekonomi daerah dalam kondisi stabil. 

Selain itu peningkatan daya saing sumber daya manusia dengan meningkatnya indeks pendidikan dan kesehatan serta upaya pengurangan pengangguran terbuka menjadi hal yang tidak boleh Terlupakan oleh pemerintah daerah Kota Cimahi selaku pengambil kebijakan.