Loading...

Kota Cimahi Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar dalam Momentum Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

Adhy Rahadhyan S.I.Kom 05 Mei 2024 481 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei. Meskipun tidak ditetapkan sebagai hari libur nasional, Hardiknas menjadi salah satu hari bersejarah yang juga bertepatan dengan hari ulang tahun bapak pendidikan di Indonesia, Raden Mas Suwardi Suryaningrat atau Ki Hajar Dewantara.

Pemerintah Daerah Kota Cimahi kembali menggelar upacara peringatan hari pendidikan Nasional tahun 2024.

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Daerah Kota Cimahi berkomitmen untuk terus bergerak melanjutkan program merdeka belajar yang telah diinisiasi oleh kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek)

Dalam sambutan Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim yang disampaikan oleh Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi, pemerintah menyadari bahwa tantangan dan kesempatan yang dimiliki untuk memajukan pendidikan Indonesia bukanlah hal yang mudah terutama untuk mentransformasi sebuah sistem yang sangat besar.

Pada awal perjalanan program merdeka belajar pemerintah sadar bahwa membuat perubahan membutuhkan sebuah perjuangan, ditambah dengan tantangan yang tidak pernah terbayangkan yakni Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia beberapa waktu yang lalu membuat dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup masyarakat secara drastis.

Kini masyarakat sudah mulai merasakan perubahan yang terjadi di sekitarnya, wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia yang sedang dibangun bersama dengan gerakan merdeka belajar membuat anak-anak Indonesia berani bermimpi karena mereka merasa merdeka saat belajar di kelas, membuat para guru-guru berani untuk mencoba hal-hal baru karena mereka mendapatkan kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya dan kita telah melihat mahasiswa yang siap berkarya dan berkontribusi karena ruang untuk belajar tidak lagi terbatas di dalam kampus.

Dalam kesempatan yang sama Nadiem melalui sambutannya berpesan untuk meneruskan gerakan yang berkelanjutan guna membawa pendidikan Indonesia ke taraf yang lebih baik lagi.

Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pendidikan senantiasa secara berkelanjutan membuat program-program dan terobosan-terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kota Cimahi.

Sebagai Informasi Tanggal 2 Mei ditetapkan oleh pemerintah sebagai hari pendidikan Nasional pertama kali melalui Keputusan Presiden nomor 316 tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur dan ditandatangani oleh presiden Soekarno.

Hardiknas ditetapkan oleh pemerintah untuk merayakan hari kelahiran dari tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara.