Loading...

Pasar Awi Campernik Sebagai Wadah UMKM dan Potensi Wisata Baru Kota Cimahi

Rano Hardiana 10 Juni 2024 178 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Dengan keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA), Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah memberdayakan lahan di Cimahi Utara menjadi kawasan Eko Wisata Cimahi Campernik (EWIC). Kawasan tersebut difokuskan pada potensi wisata pendidikan pertanian, hingga pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan kearifan lokal unggulan Kota Cimahi. 

Salah satu fokus dalam pemberdayaan kawasan Eko Wisata Cimahi Campernik ialah agar bisa menjadi wadah bagi kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Potensi destinasi wisata baru yang ada di Kota Cimahi.

Terbaru Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) kembali menggelar Pasar Awi Campernik,Minggu 9 Juni 2024 kemarin.

Beragam kulier pilihan dari para pelaku UMKM hadir menyapa masyarakat dan pengunjung pasar yang berada di antara ratusan rumpun bambu di Kampung Cimenteng, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara.

Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi turut, menikmati udara segar pagi hari di tengah suasana pasar dengan suasana tradisional dan alam terbuka.

"Ini pasar kreatif yang kita tunggu-tunggu, dan ini yang kedua kalinya kita gelar," ujar Dicky.

Selain itu menurut Dicky Makanan yang tersedia di Pasar Awi Campernik, merupakan makanan sehat dan tanpa zat pewarna apapun.

"Inilah yang kita tunggu-tunggu, dua kali kita mengadakan pasar kreatif sejak yang pertama, saya lihat ini adalah satu pasar yang diharapkan oleh kita semua," Ungkap Dicky".

Oleh karena itu, Pasar Awi Campernik tersebut, bisa jadi nilai point yang bisa dijual kepada masyarakat yang di luar Cimahi.

"Kita berharap, dari kewilayahan Cimahi Utara dan Cipageran, bisa mengelolanya untuk menjadi sesuatu yang berlanjut, baik oleh komunitas, silahkan saja," Tambah Dicky.

Sebagai informasi tambahan EWIC dibangun untuk menjadi kawasan wisata pendidikan. "Pada kawasan EWIC terdapat perkebunan, peternakan dan sebagainya dengan panorama alam menyegarkan akan memberi daya tarik tersendiri terutama di Kota Cimahi.***