Loading...

Tingkatkan Minat Baca Pemkot Cimahi Gelar Bincang Buku dan Bedah Literasi

Rano Hardiana 13 Juni 2024 480 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
Dalam rangka menyemarakkan  HUT Kota Cimahi yang ke 23 tahun sekaligus meningkatkan minat budaya baca dan mutu literasi masyarakat, Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Pemkot Cimahi melalui Dinas Arsip Daerah Kota Cimahi mengadakan kegiatan Bedah Buku dan Bincang Literasi yang diikuti oleh ± 100 peserta, terdiri dari unsur Guru, Pengelola Perpustakaan Sekolah, Forum Taman Bacaan Masyarakat, Komunitas Pegiat Literasi, Mahasiswa, Siswa SMA se-Kota Cimahi dan Masyarakat Umum.
Kepala Dinas  Arsip Daerah Kota Cimahi Dani Bastian yang membuka secara resmi kegiatan Bedang Buku dan Bincang Literasi tersebut dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam hal literasi indonesia menempati  urutan 60 dari 61 negara (menurut survey Unesco). dari data tersebut kita masih tertinggal jauh dari negara tetangga seperti malaysia ataupun singapura. Sedangkan berdasarkan hasil pengukuran indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) Kota Cimahi tahun 2023 mendapatkan nilai 72,82 (kategori sedang).
"faktor-faktor penyebab masih kurangnya minat baca masyarakat diantaranya 1) belum terbangunnya kebiasaan membaca sejak usia dini., 2) masih terbatasnya fasilitas/ akses ke sumber bacaan (perpustakaan, sudut baca, taman bacaan masyarakat), dan 3) masih minimnya produksi buku dan harga buku yang terbilang mahal" ungkap Dani.  

Dani menjelaskan untuk meningkatkan minat baca di masyarakat sebenarnya tidak hanya melalui bedah buku, tetapi Dinas Arsip Daerah  juga telah berinovasi menggulirkan program CRH (Cimahi Reading Habit). 

Program ini bertujuan mendorong pembiasaan membaca sejak dini bagi siswa/siswi SD se-Kota Cimahi. Selain menyediakan fasilitas perpustakaan umum yang dilengkapi dengan 14.281 judul koleksi buku dan 25.386 eksemplar buku yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Dinas Arsip juga memfasilitasi sudut-sudut baca kelurahan dan kecamatan, bahkan untuk meningkatkan daya jangkau / aksesibilitas di beberapa RW telah ditempatkan 4 unit kolecer (kotak literasi cerdas).  Bahkan saat ini di Mal Pelayanan Publik Kota Cimahi dilengkapi dengan perpustakaan kecil (mini library), dan Pocadi (pojok baca digital) kota cimahi yang berlokasi di Cimahi Technopark sebagai wujud ekstensi layanan perpustakaan kota cimahi bagi masyarakat.

Pada rangkaian acara bedah buku dan bincang literasi yang menghadirkan narasumber J.S. Khairen Penulis buku Kami (Bukan) Sarjana Kertas ini Dani berharap peserta dapat mengikutinya dengan baik "silahkan para peserta manfaatkan momen bedah buku dan bincang literasi yang akan mengulas materi-materi yang menarik seputar literasi se optimal mungkin. Mari kita sama-sama tingkatkan budaya literasi demi terwujudnya visi Kota Cimahi Campeureunik" pungkasnya.***