Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Kerjasama Riset dan Pengembangan UMKM antara Pemkot Cimahi dan Unjani

Tanggal diterbitkan: 27/08/2020


Akibat dari pandemi Covid-19 kegiatan bisnis menjadi berubah dengan tingkat pemanfaatan informasi dan teknologi (IT) yang lebih tinggi. Trend pemanfaatan bisnis online (market place) diperkirakan akan terus berkembang bahkan setelah pandemik Covid-19 selesai. Oleh karenanya, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) semakin dituntut untuk menguasai internet dan teknik marketing secara online.

 

Untuk itu Kota Cimahi bekerjasama dalam bidang riset dan pengembangan dengan Universitas Jendral Ahmad Yani (Unjani) berupaya mendongkrak kinerja perekonomian lokal kota khsuusnya bagi para pelaku UMKM. Pada hari Senin tanggal 24 Agustus 2020 telah dilakukan kegiatan pembukaan KKN Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unjani secara daring (online). Kegiatan dibuka oleh Kepala Bappeda Kota Cimahi Dr. Huzen Rachmadi, A.Md. St., S.E., M.Kes. dan Dekan FEB Unjani Neni Maryani, S.E, M.Si., CA., CPA., CTA.



 

Kegiatan KKN ini akan mendampingi UMKM yang berasal dari sektor perdagangan, pengolahan produk pertanian serta penggiat kuliner. Pendaftaran dilakukan secara terbuka dan secara daring mulai bulan Juli hingga pertengahan Agustus 2020.

 

Kerjasama dengan FEB Unjani ini merupakan kerjasama tahun ke – 3 (tiga) dengan Pemkot  Kota Cimahi. Pendampingan sekaligus penelitian (riset) e-commerce akan dilakukan oleh 47 dosen bersama kurang lebih 471 mahasiswa kepada 50 UMKM di Kota Cimahi. Nantinya tiap pelaku usaha akan didampingi secara langsung oleh 1 dosen manajemen, 1 dosen akuntansi dan 9 orang mahasiswa.

 

Kegiatan pendampingan akan dilaksanakan sebanyak 14 kali mulai tanggal 24 Agustus 2020 sampai dengan tanggal 10 September 2020 dengan materi e-commerce (penjualan online), branding, pembukuan dan tata kelola usaha (bisnis). Seluruh proses KKN dilakukan secara daring, sehingga pelaku usaha akan semakin terbiasa dalam menggunakan internet dan menjalankan bisnis secara online.

 

Bappeda, 2020

Kegiatan Cimahi

Headline News