Loading...

Kegiatan Positif Dan Mandiri Dari Berbagai Komunitas Masyarakat Di Kota Cimahi

Administrator 03 Juni 2014 1769 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

“Saluyu Ngawangun Jati Mandiri” Yang artinya memiliki pengertian berjalan harmonis serasi dengan selaras, bahu membahu dalam membangun citra diri yang mandiri dalam kemajuan, merupakan slogan Cimahi yang dibuat oleh para pendiri Kota Cimahi. Nampaknya, cita-cita para pendiri Kota Cimahi semakin hari semakin terlihat pencapaian positifnya. Dimana para masyarakat bekerjasama dengan Pemerintah untuk membangun Kota Cimahi dalam rangka menuju masyarakat yang mandiri. Sebagian Masyarakat tidak lagi bergantung kepada kegiatan yang didanai oleh Pemerintah, tapi mampu menyusun program dan kegiatan secara mandiri namun tetap selalu melibatkan pemerintah dalam teknis pelaksanaannya.

Contohlah, Forum Kemitraan Pembangunan Ekonomi Lokal (FK. PEL) yang selalu melakukan pertemuan rutin untuk berbagi pengalaman usahanya, dan mendorong para pelaku usaha pemula untuk dapat maju dalam usahanya. Pertemuan terakhir yang bertujuan untuk berbagi ilmu tentang e – commerce dilaksanakan di Balai Benih Ikan Air Tawar Kota Cimahi, disana para peserta juga diajak untuk mendorong pemanfaatan Balai Benih Ikan Air Tawar agar lebih terpromosikan fasilitas, manfaat, dan fungsinya bagi masyarakat melalui e – commerce. Kegiatan lain seperti English Class yang dilaksanakan oleh Ikatan Entreprenur Cimahi (IEC) yang secara rutin melakukan pertemuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris untuk mendukung komunikasi dalam perdagangan internasional.

Selain kegiatan pertemuan usaha, ada juga pertemuan yang sifatnya bakti sosial seperti yang dilakukan ATJIM (Anak Tjimahi) yang akan melaksanakan Khitanan Massal yang akan dilaksanakan dalam rangka mendukung Hari Jadi Kota Cimahi Tahun 2014, pada tanggal 21 Juni 2014 nanti di Pandiga Sport Center.

Keberadaan komunitas masyarakat baik komunitas usaha maupun komunitas lainnya ini tentunya membantu Pemerintah dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan Kota Cimahi. (indra nugraha)