Loading...

Deteksi Dini Kanker Dengan Metode IVA Test Di Kota Cimahi

Administrator 21 April 2015 255 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Kota Cimahi pada tanggal 21 April 2015, didaulat sebagai tempat Pelaksana Teleconference Program Gerakan Nasional Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (Servix) pada perempuan Indonesia dengan metode Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA) perwakilan Provinsi Jawa Barat. Adapun pemilihan Kota Cimahi sebagai perwakilan Jawa Barat Teleconference karena Komitmen  Kepala Daerah Ibu HJ. Atty Suharti Tochija, SE terhadap Program dan Reponsif dalam upaya penanggulangan kangker servix di Kota Cimahi, serta sebagian besar Puskesmas sudah melaksanakan Pelayanan  Deteksi Dini Kanker dengan IVA test dan Cryotherapi.


Setiap perempuan berisiko untuk terkena kanker lahir, dan setiap 1 jam perempuan Indonesia meninggal akibat kanker leher rahim. Kanker leher rahim berkaitan erat dengan infeksi virus Human Papiloma Virus (HPV). Pemeriksaan IVA merupakan program pencegahan yang dapat menemukan lesi prakanker sebelum menjadi kanker yang berbahaya.


Pelayanan IVA test saat ini  telah dilaksanakan di 9 Puskesmas Kota Cimahi, RSUD Cibabat dan YKI cabang Kota Cimahi. Untuk melakukan pemeriksaan IVA Test di Puskesmas, masyarakat Kota Cimahi dapat mengunjungi Puskesmas pada jam kerja di Puskesmas Cimahi Tengah, Puskesmas Cigugur Tengah, Puskesmas Cipageran, Puskesmas Citeureup, Puskesmas Cimahi Utara, Puskesmas Cimahi Selatan, Puskesmas Cibeureum, Puskesmas Melong Asih dan Puskesmas Melong Tengah.


Gambar 1. Pemeriksaan IVA Test Berdasarkan Golongan Umur

Kota Cimahi Tahun 2014

Sumber: Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kota Cimahi 2014


Pada tahun 2014 masyarakat Kota Cimahi yang telah melakukan pemeriksaan IVA test dengan rentan usia 20-50 tahun, sebanyak 1.205 orang atau 1% dari wanita Usia 20-50 di Kota Cimahi, dengan hasil pemeriksaan  negatif berjumlah 1.201 orang, positif berjumlah 3 orang, dan dicurigai Carsinoma berjumlah 2 orang. 


Gambar 2. Berbagai Hasil Pemeriksaan IVA Test