Loading...

Ini Akibatnya Jika Duduk Terlalu Lama

Administrator 30 Januari 2018 33877 kali dilihat
Bagikan:
Ini Akibatnya Jika Duduk Terlalu Lama
Teknologi yang canggih sekarang ini telah membuat perubahan hidup manusia. Manusia seperti dimanjakan oleh banyaknya cara yang mempermudahkan kegiatan mereka. Seperti remote televisi yang sekarang seolah wajib dihadirkan di sebelah sofa yang empuk. Konsekuensinya kita jadi lebih jarang bergerak.

Duduk terlalu lama bisa berdampak pada terganggunya sistem metabolisme tubuh. Bahkan dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko penyakit berat. Namun, banyak orang yang tidak berpikir mengenai dampak duduk terlalu lama.

Risiko duduk terlalu lama tidak hanya menyerang orang yang senang sekali menonton televisi atau malas bergerak. Namun para pekerja kantoran atau orang yang bekerja yang menuntut untuk duduk terlalu lama juga beresiko terkena gangguan metabolisme tubuh ini.

Berikut ulasan mengenai dampak kesehatan dari duduk yang terlalu lama.

1. Penumpukan lemak di sekitar perut dan komplikasi pada pencernaan.
Hal yang sudah pasti terlihat jika Anda duduk terlalu lama adalah adanya jumlah lemak yang tertimbun dalam perut. Karena duduk terlalu lama, maka seseorang jadi kurang bergerak dan berolahraga. Akibatnya tubuh menjadi kesulitan membakar lemak. Lemak dalam perut akan mengakibatkan adanya ketidaknyamanan dalam pencernaan seperti sembelit, kram, kembung,dan buang gas yang berlebihan.

2. Gangguan postur tubuh.
Duduk yang berlebihan akan meningkatkan risiko gangguan pada postur tubuh. Gangguan ini memang tidak muncul dalam jangka waktu dekat, tetapi setelah duduk berlebihan yang dilakukan bertahun-tahun. Beberapa jenis gangguan yang sering dirasakan adalah sakit yang berlebihan pada leher dan bahu, perubahan postur tulang belakang karena menjadi penopang badan ketika duduk, dan gangguan sendi bagian belakang yang disebabkan karena bagian belakang tubuh tidak bergerak dengan bebas.

3. Pembekuan darah.
Duduk terlalu lama dapat menyebabkan bagian pembuluh darah terutama kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa. Hal ini bisa menyebabkan adanya rasa kesemutan dan pembengkakan di bagian pergelangan kaki serta munculnya varises.

4. Penyakit Jantung
Mengapa duduk terlalu lama berpeluang menyebabkan penyakit jantung? Karena posisi duduk yang terlalu lama akan memperlambat proses metabolisme. Darah yang mengalir ke tubuh berjalan lebih lambat sehingga otot tidak bisa membakar kalori. Dalam kalori ada lemak, jika tertimbun dalam pembuluh darah dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan gangguan pada jantung.

5. Penyakit Diabetes.
Duduk yang terlalu lama akan menurunkan sistem kerja pankreas. Pankreas akan menghasilkan insulin lebih sedikit dari yang seharusnya. Bahkan duduk lebih dari satu jam produksi insulin sudah berkurang banyak. Akibatnya ada banyak gula di dalam tubuh. Jika hal ini dibiarkna terlalu lama maka risiko penyakit diabetes akan muncul.

6. Meningkatnya risiko kanker.
Duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker rahim, dan kanker usus besar. Risiko kanker menjadi lebih tinggi karena tubuh kurang aktif bergerak sehingga antioksidan dalam tubuh menjadi berkurang. 

7. Penurunan fungsi otak.
Ketika duduk terlalu lama, otak tidak mendapatkan asupan darah dan oksigen yang cukup. Padahal otak membutuhkan oksigen dan darah yang cukup untuk melepaskan bahan kimia dalam tubuh. Akibatnya fungsi otak lebih cepat menurun.

Mengingat dampak yang mengerikan dari duduk terlalu lama, ada baiknya kita bijaksana dalam memperhatikan tubuh kita. Cobalah untuk berdiri sesaat jika dirasa duduk sudah terlalu lama. Sesekali meregangkan otot dengan berjalan-jalan atau berolahraga. Jadi mulai sekarang cobalah lebih banyak bergerak. (AH)