Loading...

Trik Jitu Menangkap Peluang Beasiswa Perguruan Tinggi

Administrator 19 Februari 2018 1258 kali dilihat
Bagikan:
Trik Jitu Menangkap Peluang Beasiswa Perguruan Tinggi
Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi adalah mimpi bagi sebagian besar anak Indonesia. Namun, tidak semua anak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan hingga ke jenjang tertinggi.

Beasiswa bertujuan mendorong pemerataan pendidikan. Dengan program tersebut diharapkan semakin banyak pelajar mendapat kesempatan meneruskan pendidikan. Tidak hanya itu, beasiswa juga bertujuan memberi penghargaan bagi pelajar yang berprestasi. Baik pihak pemerintah maupun swasta memberi kesempatan bagi siapa saja yang lolos kualifikasi untuk melanjutkan pendidikan Strata 1 maupun tingkat pasca sarjana di dalam negeri atau luar negeri.

Beasiswa adalah peluang yang sangat baik untuk segera dijemput. Persaingan mendapatkan kesempatan belajar secara gratis ini pun tentu sangat besar. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri dengan mantap. 

Serius ingin memperoleh beasiswa? Simak informasi mengenai trik jitu menangkap peluang beasiswa berikut ini!

1. Jeli melihat peluang. Kesempatan beasiswa ada banyak jenisnya, diantaranya: public or government scholarship, privat scolarship, beasiswa dari negara maju atau donor internasional, beasiswa yang berasal dari organisasi atau yayasan, dan beasiswa dari universitas. Masing-masing jenis beasiswa tersebut memiliki standar dan persyaratan tertentu. Anda harus mencari dan terus memperbarui informasi tentang peluang beasiswa yang dituju beserta persyaratan administratif dan cara mengajukannya. Agar Anda tidak salah membidik peluang beasiswa yang sesuai.

2. Jangan ragu. Doubt kills more dreams than failure ever will! Jika sudah menemukan program beasiswa yang tepat, jangan ragu untuk melamar. Tentukan jurusan atau bidang yang ingin Anda tekuni. Gali informasi seputar jurusan, kredibilitas kampus, jumlah peminat, serta pembukaan pendaftaran beasiswa. Selain jangan ragu, Anda juga dilarang untuk malas. Mempersiapkan diri sejak awal dengan persiapan terbaik adalah langkah awal menangkap peluang beasiswa impian. 

3. Jaga dan tingkatkan prestasi. Bagi pelajar yang ingin memperoleh beasiswa di perguruan tinggi, maka grafik nilai tiap semester harus naik. Prestasi akademik menjadi salah satu syarat untuk memperoleh kesempatan belajar di perguruan tinggi secara gratis, seperti program bidikmisi. Bidikmisi adalah program pemerintah berupa bantuan biaya pendidikan yang berfokus pada pelajar berprestasi namun memiliki keterbatasan ekonomi. 

4. Menjalankan kegiatan positif. Tidak ada salahnya memiliki kesibukan dalam organisasi maupun kegiatan sosial. Aktif berorganisasi membentuk pribadi menjadi lebih tanggap. Bahkan, jika Anda melamar beasiswa di negara Eropa, lebih diutamakan bagi yang aktif melakukan kegiatan sosial. Sebab di sana budaya volunteer sangat kental dan rutin dilakukan.

5. Lakukan pendekatan dan perluas koneksi. Info mengenai beasiswa bisa datang dari siapa saja. Terlebih bagi yang ingin melamar beasiswa ke luar negeri. Salah satu syarat administratif yang harus dipenuhi adalah surat rekomendasi dari pihak yang mengetahui rekam jejak Anda. Pastikan Anda memiliki hubungan yang baik dengan pihak pemberi rekomendasi. 

6. Asah kemampuan komunikasi. Menguasai bahasa internasional juga merupakan salah satu syarat mendapatkan beasiswa, terutama bagi yang ingin menempuh kuliah di luar negeri. Hasil tes TOEFL atau IELTS merupakan salah satu berkas penting yang harus Anda sisipkan dalam berkas lamaran. Selain itu, kemampuan berkomunikasi juga mempermudah Anda untuk lulus tes wawancara.

7. Jangan mudah menyerah. Jika Anda gagal menangkap satu peluang beasiswa, jangan mudah menyerah. Berusaha lebih giat dan jaga semangat dengan doa. Bersiaplah menangkap peluang lain pada kesempatan berikutnya.

Informasi peluang beasiswa bisa diakses di mana saja. Jeli melihat peluang, melakukan persiapan matang, tidak berhenti berdoa, tekun belajar, dan tidak mudah menyerah adalah langkah jitu menangkap beasiswa. Semoga bermanfaat. Selamat berjuang! (AH)