Loading...

Manfaat Travelling bagi Anak

Administrator 23 April 2018 2167 kali dilihat
Bagikan:
Manfaat Travelling bagi Anak
Siapa yang tidak menyukai travelling atau berwisata? Saat ini, lokasi wisata semakin beragam, mulai dari wahana permainan hingga wisata alam. Ternyata, membawa anak untuk menikmati travelling sangat bermanfaat bagi perkembangan mereka. Anak akan mengingat memori perjalanan travelling bersama orang tuanya serta mendapatkan banyak manfaat lainnya.

Berikut ini beberapa manfaat travelling bagi anak :

Mempererat Ikatan antara Orang Tua dengan Anak

Menghabiskan waktu bersama keluarga untuk travelling akan mempererat ikatan antara orang tua dengan anak. Orang tua bisa meluangkan waktu untuk bercengkerama dengan anak, saling bertukar pikiran, dan menyempatkan untuk memberikan wejangan ringan. Anak pasti akan bahagia dan merasakan kedekatan dengan orang tua yang biasanya sibuk bekerja. 

Mengenalkan Dunia Baru kepada Anak

Tak dapat dipungkiri, anak sudah mempelajari banyak hal di sekolah maupun melalui televisi. Dengan mengajak mereka travelling, anak akan mengenal dunia baru yang selama ini hanya mereka lihat di televisi ataupun saat membaca buku.

Memberikan wawasan dan informasi akan membuat anak semakin bersemangat untuk belajar serta semakin mengerti apa yang telah mereka pelajari di sekolah. Anda bisa mengajak mereka ke lokasi wisata yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya. Tentu saja, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang keunikan lokasi tersebut sehingga bisa mengedukasikan anak Anda.

Menstimulasi Kemampuan Bersosialisasi dan Berkomunikasi

Travelling ke alam terbuka akan membantu anak mendapatkan stimulasi pada kemampuannya bersosialisasi. Anak akan bertemu dengan banyak orang dan belajar berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya. Mengenal kondisi lingkungan dan berkomunikasi dengan orang baru sangat baik bagi perkembangan psiko-sosial anak. 

Mengasah Kemampuan Motorik Anak

Mengajak anak berwisata ke wahana permainan baik di alam terbuka maupun di mal dapat menstimulasi kemampuan motorik anak. Pilih permainan yang bisa membuat anak berpikir dan melakukan pengambilan keputusan saat bermain. 

Mengajak Anak untuk Mencintai Lingkungan

Dengan mengajak anak travelling, khususnya mengenalkan anak tentang alam terbuka seperti pantai, air terjun, dan pegunungan, mereka akan belajar mengenal lingkungan dan mencintai alam sekitarnya. Anda juga bisa mengajarkan pada anak cara mencintai lingkungan dengan melihat alam secara langsung.

Anda bisa mengenalkan mereka pada hewan, bunga, sayuran, dengan mengajak anak ke perkebunan atau peternakan. Anak juga akan belajar menjaga kebersihan lingkungan dam mengetahui cara menjaga diri di alam terbuka. 

Mengajarkan Kemandirian dan Keberanian

Mengajak anak travelling bisa menjadi sarana untuk melatih kemandirian dan keberanian. Anak akan belajar mandiri untuk mengambil keputusan, misalnya saat membeli jajan atau pergi ke toilet umum sendiri. Perlahan, anak akan menjadi berani berada di tempat keramaian. Jangan lupa, imbangi dengan mengajarkan kemampuan menjaga diri. 

Mengajarkan Geografi dan Sejarah

Untuk anak usia sekolah, akan sangat menyenangkan melihat langsung yang selama ini mereka pelajari di buku sekolah. Anda bisa mengajari mereka cara membaca peta menuju lokasi wisata dan mempelajari benda serta lokasi bersejarah.

Anda bisa mengajak mereka untuk lebih mengenal museum, candi, dan tempat bersejarah lainnya. Dengan melihat langsung bangunan, benda, dan lokasi wisata bersejarah, travelling akan lebih menyenangkan. Anak akan mempelajari yang ada di buku secara nyata.

Ternyata banyak sekali manfaat travelling bagi anak, ya. Mulai sekarang, para orang tua bisa mengajak anak-anak untuk travelling, yang tentu akan membuat keluarga juga semakin bahagia. (AH)

image source: http://cdn.thepointsguy.com/wp-content/uploads/2014/09/suitcase.jpg