Loading...

Penyuluhan PHBS Mencatat Rekor Baru Muri

Administrator 09 Desember 2010 322 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Wali Kota Cimahi Melepas Penyuluh PHBS

Pemerintah Kota Cimahi bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Cimahi serta Forum Kota Sehat berhasil mencetak rekor baru pada Museum Rekor Indonesia (Muri). Pencetakan rekor itu melalui kegiatan penyuluhan langsung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Lingkungan Bersih Sehat (LBS) secara massal di Kota Cimahi, Sabtu (4/12) lalu.

Menurut Deputi Manager Muri Ignasius Awan Rahargo, Minggu (5/12), berdasarkan catatan Muri, rekor sebelumnya untuk perihal serupa dipegang Provinsi Papua. Mereka melakukan kegiatan serupa dengan mengunjungi 6.000 rumah tangga sasaran (RTS) dan melibatkan 500 penyuluh.

"Catatan Muri untuk program penyuluhan kesehatan dengan mengunjungi RTS terbanyak dipecahkan oleh Tim Penggerak PKK Kota Cimahi," katanya. Berdasarkan catatan yang ia terima, program penyuluhan yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kota Cimahi berhasil mengunjungi 3.452 RTS dengan melibatkan 12.103 penyuluh kesehatan.

Wali Kota Cimahi Ir.H.M. Itoc Tochija, MM mengatakan, kegiatan yang digelar tim penggerak PKK dan Forum Kota Sehat (FKS) Kota Cimahi itu intinya bukanlah mengejar pemecahan rekor baru, tetapi memotivasi masyarakat untuk terus terpacu berperilaku hidup bersih. Meskipun demikian, walikota mengaku bangga atas prestasi yang diraih Tim Penggerak PKK dan FKS yang dapat mencetak rekor baru untuk program penyuluhan kesehatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Cimahi Atty Suharti Tochija mengatakan, mendapatkan rekor Muri bukanlah tujuan utama. Namun, yang terpenting adalah warga sadar akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Rekor Muri diraih supaya warga yang mendapatkan penyuluhan bisa ingat terus dengan kegiatan yang melibatkan orang banyak tersebut.

Menurut dia, acara itu juga dibantu para mahasiswa dan dosen dari tujuh perguruan tinggi yang ada di Kota Cimahi, yang diharapkan akan bisa sama-sama mencapai target pelaksanaan komponen PHBS. Target-target itu di antaranya tidak merokok di dalam rumah, tersedianya septictank, pengolahan sampah, penghijauan, cuci tangan pakai sabun, dan konsumsi air bersih. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)