Loading...

Pemkot Cimahi Serahkan Kartu Penduduk Elektrik Untuk Gakin

Administrator 31 Maret 2011 277 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemkot Cimahi Serahkan Kartu Penduduk Elektrik Untuk GakinUntuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan publik lainnya bagi keluarga miskin (gakin) di Kota Cimahi, Pemkot Cimahi membagikan kartu penduduk elektronik (citizen cyber card/C3). Penyerahan kartu ini dilaksanakan oleh Wali Kota Cimahi, Ir. H.M. Itoc Tochija, MM, di Aula Gedung A Perkantoran Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusuma Selasa (29/3). Selain mendistribusikan kartu penduduk elektronik kepada 14.000 rumah tangga sasaran (RTS)., acara yang digelar tersebut, juga menyosialisasikan fungsi dan bagaimana cara menggunakan kartu.

Wali Kota mengatakan, kartu penduduk elektronik memudahkan dan mempercepat pelayanan bagi gakin. "Dengan memiliki kartu tersebut tidak usah membawa admnistrasi lainnya saat berobat ke puskesmas maupun mengurus sesuatu di kelurahan. Cukup dengan membawa kartu ini, karena itu dalam pendistribusian hari ini kami ingin menyosialisasikan bagaimana cara menggunakan kartu dan fungsinya untuk apa saja," katanya.

Untuk mendukung kelancaraan penggunaan kartu penduduk elektronik, pemkot saat ini sudah melengkapi peralatan di puskesmas dan kelurahan. "Saat ini alat yang berfungsi mengintegrasikan data dengan kartu citizen cyber card ini baru tersedia di puskemas dan kelurahan. Untuk rumah sakit belum tersedia, ke depannya kami akan segera melengkapinya," ujarnya.

Wali Kota meyakinkan, fungsi kartu penduduk elektronik sama seperti smart card. "Kita berangkat dari RTS dulu. Adanya kartu penduduk elektronik bagi RTS merupakan salah satu bentuk progres IT kreatif kita," tambanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik Sekretariat Daerah Kota Cimahi, Hadi mengatakan, kartu penduduk elektronik telah terintegrasikan dengan sistem informasi kelurahan dan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Kartu elektronik mempunyai dua fasilitas layanan publik yang terintegrasi, yaitu layanan sosial RTS dan layanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Tujuannya supaya RTS tidak bingung oleh penggunaan macam-macam kartu yang selama ini digunakan saat mendapatkan fasilitas tersebut. Selain kemudahan dalam memperoleh pelayanan, dalam kartu tersebut terdapat barcode yang mendeteksi data penduduk sesuai nomor induk kependudukan (NIK) dalam basis data SIAK.

Hadi menyebutkan, 14.000 kartu penduduk elektronik yang telah disebarkan tersebut, 7.000 di antaranya untuk peserta Jamkesmas. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)