Loading...

Cegah Radikalisme dan Anarkisme Pelajar, Walikota Cimahi Canangkan Pendidikan Karakter

Administrator 02 Mei 2011 223 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Wali Kota Cimahi, H.M. Itoc Tochija menilai pendidikan karakter sangat penting untuk menangkal pengaruh radikalisme dan tindakan anarkis yang rentan terjadi di kalangan pelajar. Pernyataan tersebut disampaikan  pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Upacara Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Senin (2/5).

Menurut walikota, Pemkot Cimahi sekarang sudah mencanangkan pendidikan karakter pada 2045. Sehingga, generasi kita sekarang mampu bersaing secara global. Penerapan pendidikan karakter tidak terlampau mengubah kurikulum setiap mata pelajaran. Hanya saja, nantinya akan disisipkan budi pekerti dan semangat bersaing. Dalam setiap mata pelajaran diselipkan pendidikan karakter, bagaimana membangun diri dan lingkungan sosial,

Pendidikan karakter dapat membendung segala kerusakan moral generasi muda. Seperti pergaulan bebas, narkoba, sikap anarkis dan radikal, berandalan bermotor serta kenakalan lainnya.Pendidikan karakter menjadi satu program yang mewarnai dan menyeluruh sistem pendidikan mulai dari pendidikan usia dini, taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi. Karena esensi pendidikan karakter ini adalah budi pekerti dan moralitas yang menjadi target dalam 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)