Loading...

Focused Group Discussion Perumusan Dokumen Strategi Inovasi Daerah Kota Cimahi

Administrator 24 Mei 2011 230 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Focused Group Discussion Perumusan Dokumen Strategi Inovasi Daerah Kota CimahiDalam rangka Pengembangan Sistem Inovasi Daerah, Walikota Cimahi didampingi Tim Sistem Inovasi Daerah Kota Cimahi mengunjungi Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT) Jakarta untuk mengikuti acara Focused Group Disscussion Perumusan Dokumen Strategis Inovasi Daerah Kota Cimahi bertempat di Gedung II BPPT Lantai 3, Jalan M.H. Thamrin 8, Jakarta (23/5).

 

Focused Group Discussion tersebut dibuka oleh Dr. Tatang Ahmad Taufik, selaku Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi. Dalam arahannya Dr. Tatang Ahmad Taufik memberikan catatan antara lain Pengembangan Sistem Inovasi Daerah dilaksanakan sebagai suatu “sistem” dengan melibatkan berbagai aktor terkait dan tidak dilaksanakan sebagai parsial, Pelaksanaan program-program yang ditetapkan dalam dokumen SID diharapkan dapat diimplementasikan sesuai dengan jadwal, Pentingnya penumbuhkembangan perusahaan-perusahaan pemula (start up) sebagai bagian dari pengembangan teknopreneurship. Lebih lanjut sebagai mitra BPPT, Kota Cimahi diharapkan dapat menjadi tempat yang nyaman bagi para pihak terkait untuk dapat berkreasi dan berinovasi.

Walikota Cimahi dalam sambutannya menyatakan komitmen Pemerintah Kota Cimahi dalam mendukung Pengembangan Sistem Inovasi Daerah dan menekankan pentingnya kerjasama pengembangan inovasi antara Pemerintah Kota Cimahi dan BPPT dalam meningkatkan daya saing daerah. Cimahi yang tidak mempunyai sumber daya alam seperti daerah lain yang kaya di Indonesia, sehingga perlu adanya inovasi dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang dimana sumber daya alam habis dan malah memunculkan masalah lingkungan hidup.

Pengembangan Sistem Inovasi yang diprakarsai oleh BPPT diharapkan tidak hanya menjadi bagian dari Kota Cimahi saja akan tetapi menjadi gerakan bersama di tingkat regional dan nasional.

Perumusan Dokumen Sistem Inovasi Daerah telah sampai pada tahap menyelesaikan draft akhir dan merupakan hasil dari beberapa FGD sebelumnya di Kota Cimahi yaitu Pengembangan Klaster Industri Animasi dan Film, Pengembangan E-Development dan Pengembangan Budaya Inovasi. FGD tersebut telah menetapkan tujuan bersama sebagai komitmen dalam pengembangan Sistem Inovasi Daerah yang melibatkan unsur Pemerintah, Akademisi, Pelaku Usaha dan Masyarakat.

Diharapkan Dokumen Sistem Inovasi Daerah Kota Cimahi akan menjadi dokumen resmi yang dapat menjadi acuan dalam strategi pengembangan inovasi daalam peningkatan daya saing di Kota Cimahi. (Tim SID)