Loading...

Walikota Pimpin Rakor Satlak Penenggulangan Bencana

Administrator 24 Agustus 2011 143 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Walikota Pimpin Rakor Satlak Penenggulangan Bencana

Walikota Cimahi Ir. H.M. Itoc Tochija, MM memimpin Rapat Koordinasi Satlak Penanggulangan Bencana di Kota Cimahi, di aula gedung b komplek perkantoran Pemkot Cimahi, Selasa (23/8). Agar penanggulangan bencana alam bisa lebih cepat, pemkot menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) penanganannya. Rencana tersebut akan menjadikan Cimahi sebagai kota pertama yang memiliki SOP penanggulangan bencana alam.

SOP sangat dibutuhkan mengingat sering terjadi salah persepsi mengenai bencana alam yang terjadi. Dijelaskan, dalam SOP disebutkan lima indikator kejadian yang masuk kriteria bencana alam. Di antaranya terdapat korban jiwa, kerugian, juga kerusakan lingkungan dan ekonomi. Dalam SOP itu juga dijelaskan apa saja yang harus dilakukan Satkorlak maupun tim khusus penanganan ketika bencana terjadi untuk memudahkan penanganannya. SOP pun menjelaskan proses pelaporan dan penanganan bencana. Tidak hanya bagi tim khusus, tapi juga unsur masyarakat.

Berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Cimahi, ada 22 titik di Kota Cimahi yang termasuk kategori rawan banjir dan longsor. Semua titik itu tersebar di tiga wilayah kecamatan di Kota Cimahi. Lima di antaranya merupakan daerah rawan longsor, sedangkan 17 lainnya rawan banjir.(Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)