Loading...

Sosialisasi Penelusuran Arsip Bersejarah Kota Cimahi Tahun 2011

Administrator 08 Desember 2011 173 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Sosialisasi Penelusuran Arsip Bersejarah Tahun 2011Bertempat di Aula Gedung B Kantor Pemerintah Kota Cimahi pada hari Kamis , 8 Desember 2011 diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Penelusuran Arsip Bersejarah  tahun 2011. Diselenggarakan pula pameran dan presentasi video foto-foto arsip bernilai sejarah Kota Cimahi, pada era penjajahan sampai era kemerdekaan. Acara  dibuka oleh Bapak Wakil Walikota. peserta dan undangan terdiri dari Anggota DPRD Komisi I, para kepala SKPD dan satu orang pelaksana kearsipan, Pusat Pendidikan Militer, dan Tokoh Masyarakat berjumlah kurang lebih 100 orang.

 

Dibuka dengan laporan dari Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan, dan PDE, Drs. Endang Hidayat S sebagai penyelanggara acara. Selanjutnya, acara dibuka oleh Wakil Walikota. Dalam sambutannya Bapak Wakil Walikota Cimahi menekankan tentang arti penting Arsip sebagai sumber primer (primary source) penulisan sejarah. Diharapkan dengan Penelusuran Arsip bernilai Sejarah dapat mengangkat pariwisata Kota Cimahi yang dikenal dengan peninggalan sejarah  terutama militer dan gedung-gedung bersejarah.

Kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi  kearsipan dengan  dua Narasumber. Pertama dari BAPUSIPDA Jawa Barat,  oleh, Kepala Bidang Akuisisi dan Pelestarian Drs. Pramaputra, MM mengenai Penelusuran Arsip Sejarah, yang menerangkan  tentang sistematika dan tahap-tahap penelusuran arsip bernilai guna sejarah.

Sosialisasi Penelusuran Arsip Bersejarah Tahun 2011Selanjutnya pemamparan oleh Kepala Balai Pengelola Museum Negeri Sri Baduga Jawa Barat , Dra. Ani Ismarini tentang Periodisasi sejarah pemerintahan Jawa Barat yang dibagi menjadi 3 periode, yaitu Priode Prakolonial, Periode Kolonial, dan Kemerdekaan. Metode penelusuran arsip, yaitu dengan Studi Pustaka, wawancara dan penelitian lapangan.