Loading...

Pemkot Cimahi Pasang Median Jalan Untuk Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Administrator 21 Februari 2012 146 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemkot Cimahi Pasang Median Jalan Untuk Kurangi Kecelakaan Lalu LintasUntuk dapat mengurangi angka kecelakaan lalu lintas (lalin), Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi memasang median jalan sepanjang 200 meter di Jln. Amir Machmud. Median jalan itu dipasang mulai pertigaan Jln. Gatot Subroto-Jln. Amir Machmud hingga belokan menuju Jln. Cihanjuang Cimahi. Pelaksanaan proyek pemasangan median jalan ini dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Kabid Bina Marga DPU Kota Cimahi, Achmad Nuryana menjelaskan pemasangan median jalan tersebut merupakan gagasan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi dan Polres Cimahi.

"Median jalan itu awalnya untuk pemisah jalan, Dishub Cimahi hanya memasang traffic cone. Berdasarkan hasil evaluasi Dishub dengan Polres Cimahi, ternyata pemisah jalan itu bisa mengurangi angka kecelakaan di sekitar jalan tersebut. Untuk itulah, mengapa akhirnya Dishub dan Polres mengajukan kepada Wali Kota Cimahi untuk mematenkan pembatas jalan tersebut," jelasnya.

 

Menurut Achmad, Untuk pemasangan median jalan tersebut pihaknya menganggarkan dana sebesar Rp 100 juta. Dan median jalan tersebut dipasang dengan pertimbangan di daerah pemasangan median jalan itu banyak kendaraan khususnya sepeda motor yang keluar dari Jln. Kandanguncal yang menyeberang jalan.

Dikatakannya, adanya median jalan itu juga bisa mengurangi kemacetan yang diakibatkan total ruas jalan yang semakin tidak seimbang dengan jumlah kendaraan. Khusus untuk di Jln. Amir Machmud, diakuinya perlu dipasangi median jalan karena merupakan jalur cepat dan padat berbagai macam kendaraan, seperti motor, mobil pribadi hingga angkutan umum. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)