Loading...

Tokoh Lintas Agama Cimahi Deklarasikan Pemilukada Damai

Administrator 21 Maret 2012 167 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Tokoh Lintas Agama Cimahi Deklarasikan Pemilukada DamaiPara tokoh lintas agama se-Kota Cimahi mendeklarasikan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2012 damai di Aula Pemkot Cimahi, Selasa (20/3). Selain bertujuan membina keturunan umat, para tokoh lintas agama itu pun menyepakati forum dialog sebagai cara penyelesaian setiap masalah.

Menurut Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Cimahi, Idad Sumarta, bahwa kesepakatan tersebut ditandatangani oleh enam tokoh agama dan kepercayaan. "Selain dari tokoh agama Islam, kesepakatan ini juga ditandatangani tokoh dari Katolik, Kristen, Hindu, Buddha serta Konghuchu," ujarnya.

Dikatakannya, deklarasi pemilukada damai ini diharapkan bisa diikuti oleh organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan lainnya yang ada di Kota Cimahi. Idad berharap, deklarasi itu setidaknya memberikan rasa aman di tataran masyarakat. Apalagi, katanya, Kota Cimahi tercatat sebagai daerah yang terbilang aman untuk pemilukada. 

Pada kesempatan itu, para tokoh agama pun mendorong agar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) bisa bersikap tegas sesuai aturan dalam menjalankan tugasnya.

 

Sementara itu menurut Wali Kota Cimahi, Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, MM, Pemkot Cimahi sangat menyambut baik adanya deklarasi yang dilakukan para tokoh lintas agama tersebut. Wali kota menegaskan, kesepakatan itu merupakan salah satu tolak ukur suksesnya pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Cimahi 2012 nanti. 

"Deklarasi ini sebagai bentuk pengamanan untuk menciptakan suasana damai demi suksesnya pesta demokrasi Cimahi. Kesepakatan ini juga berguna untuk menghindari konflik. Terpenting lagi, dengan kesepahaman ini, setidaknya semua pihak bisa memahami Pilwalkot merupakan kepentingan umat dan rakyat," ujar wali kota. (Dhany/Bag. Humas Pemkot Cimahi)