Loading...

Pemkot Cimahi Berikan Penyuluhan Pencegahan Dan Penangulangan Kanker

Administrator 07 Juni 2012 537 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemkot Cimahi Berikan Penyuluhan Pencegahan Dan Penangulangan KankerPemkot Cimahi bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Cimahi melakukan pelatihan penyuluh penanggulangan kanker sejak dini terhadap 312 kader penyuluh RW se Kota Cimahi. Penyuluhan yang diselenggarakan di TTUC, Jln. Pasantren Cimahi, Senin (4/6) pagi, menyampaikan tentang bagaimana memeriksa dada sendiri (Sadari) untuk kaum perempuan yang rentan terkena penyakit kanker payudara.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Cimahi, Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, M.M. menjelaskan bahwa pemkot sangat berharap agar perempuan di Kota Cimahi mewaspadai dua kanker yang selalu menghantui, yaitu kanker payudara dan kanker rahim. Disebutkannya, ketidaktahuan masyarakat terhadap tanda-tanda penyakit itu menyebabkan tidak sedikit perempuan yang terlambat mengetahuinya hingga baru diketahui saat kanker sudah akut.

"Dengan adanya pelatihan pembinaan deteksi kanker, diharapkan nantinya perempuan-perempuan di Cimahi bisa mendeteksi sedini mungkin gejala kanker. Dengan begitu, penanganannya akan lebih dini sehingga penyakit tersebut akan cepat ditangani," ujarnya.

Sementara itu menurut Ketua YKI Cimahi, Atty Suharti Tochija mengatakan bahwa kanker payudara maupun kanker rahim menyerang perempuan dengan tidak mengenal umur. Meski demikian, biasanya kanker payudara dan rahim menyerang kaum hawa pada usia produktif dan masa subur.

Saat ini, kata Atty, di Cimahi terdapat 233 perempuan yang mengidap kanker payudara dan rahim. Dan yang paling mengkhawatirkannya lagi, dari jumlah itu yang paling banyak adalah menderita kanker payudara.

"Tentu saja kami sangat prihatin akan hal itu. Oleh karena itulah mengapa kami melakukan pembinaan teradap penyuluh-penyuluh kanker di Cimahi. Melalui program ini diharapkan nantinya perempuan-perempuan di Cimahi bisa mendeteksi dini gejala-gejala dari kanker payudara," tuturnya.

Menurut Atty, sebelumnya pembinaan serupa sudah dilakukan terhadap 38 penyuluh yang dididik oleh YKI pada 29 Mei lalu. Diharapkan melalui kader-kader penyuluh kanker, kaum perempuan Cimahi akan semakin sadar dan bisa melakukan pemeriksaan dini terhadap gejala kanker payudara. (Dhany/Bag. Humas Pemkot Cimahi)