Loading...

Pemkot Cimahi Tanda Tangani MoU Pertukaran Pelajar Dengan Pemkot Hamamatsu

Administrator 11 September 2012 357 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemkot Cimahi Tanda Tangani  MoU Pertukaran Pelajar Dengan Pemkot Hamamatsu

Pemerintah Kota Cimahi dan Pemerintah Kota Hamamatsu Jepang, menandatangani kerja sama pertukaran pelajar khususnya tingkat SMA, Selasa (11/9). Pada kerja sama program pertukaran pelajar tersebut, Kota Cimahi diwakili oleh SMA Negeri 2 Cimahi.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di SMA 2 Cimahi yang disaksikan para guru dan siswa SMAN 2 Cimahi, beberapa pelajar SMA Hamamatsu, serta sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Usai acara penandatanganan, Pemerintah Kota Hamamatsu mengunjungi Pemkot Cimahi yang diterima langsung Wali Kota Dr. Ir. H.M. Itoc Tochija, MM di Gedung A Pemkot Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah.

Pemkot Cimahi Tanda Tangani  MoU Pertukaran Pelajar Dengan Pemkot Hamamatsu

 

Wali Kota Cimahi Itoc Tochija, menyampaikan dengan ditandatanganinya kerja sama pertukaran pelajar tersebut realisasi pertukaran pelajar antara SMAN 2 Cimahi dan SMA Hamamatsu dimulai untuk beberapa tahun ke depan.

"Ini merupakan pertemuan kedua bagi kami. Sebab, kami telah melakukan pertemuan sebelumnya yang merupakan penjajakan saja waktu itu," ujarnya.

Menurut wali kota, kedepannya tidak menutup kemungkinan kerja sama yang dilakukan dua lembaga pemerintah tersebut akan memasuki ranah lainnya. Seperti kerja sama di bidang ekonomi, khususnya dalam bidang perdagangan.

Sementara itu, Ketua Persahabatan Indonesia Hamamatsu, Tanaka Hiroji mengatakan, tujuan dari pertukaran pelajar ini untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada para pelajar yang ada di Indonesia khususnya pelajar di Kota Cimahi. "Begitu juga sebaliknya, pelajar Jepang bisa mengenal budaya Indonesia khususnya yang ada di Kota Cimahi," katanya.

Menurut Tanaka, Kota Cimahi meskipun kecil merupakan kota yang sejuk dan warganya ramah. Dengan adanya dukungan dari wali kota, lanjutnya, pihaknya yakin kerja sama pertukaran pelajar bisa berjalan sesuai dengan harapan.

"Apabila kerja sama di bidang pendidikan ini berjalan dengan baik, kerja sama yang akan dilakukan juga meliputi ekonomi dan teknologi," terang Tanaka. (Dhany/Bag. Humas Pemkot Cimahi)