Loading...

Pemkot Cimahi Antisipasi Penyebaran Virus AI

Administrator 18 September 2012 148 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemkot Cimahi Antisipasi Penyebaran Virus AI

Untuk mengantisipasi penyebaran virus flu burung (avian influenza/AI) pada unggas, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, dan Pertanian (Diskopindagtan), kini giat melakukan pemeriksaan dan vaksinasi rutin. Populasi unggas di Kota Cimahi saat ini diperkirakan mencapai 150.000 ekor, terutama didominasi jenis burung, ayam, dan itik.

Kabid Pertanian Diskopindagtan Kota Cimahi, drh. Suyoto. Mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran virus AI pada populasi unggas, dilakukan vaksinasi flu burung setiap dua kali dalam setahun. Selain itu, pemantauan unggas di Kota Cimahi menjadi bagian dari pemeriksaan rutin.

 

Upaya vaksinasi flu burung, lanjut Suyoto, pihaknya juga menggalakkan sosialisasi kepada masyarakat. Hal itu sebagai upaya preventif untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga lingkungannya, terutama untuk mengantisipasi penyebaran virus flu burung.

"Di antara tindakan antisipasi, kita anjurkan agar kandang hewan unggas tidak berdekatan atau menyatu dengan rumah sehingga udaranya tidak ikut terhisap oleh manusia," saran Suyoto. (Dhany/”Bag.Humas Pemkot Cimahi”)