Loading...

Antisipasi Musim Hujan, DPU Cimahi Benahi Drainase

Administrator 15 Oktober 2012 107 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Menjelang musim hujan yang diprediksi dimulai Oktober 2012, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Cimahi terus membenahi drinase yang tersebar di semua kelurahan di Kota Cimahi. Perbaikan drinase tersebut dalam rangka mengantisipasi banjir yang sering terjadi akibat luapan air dari drinase yang menyempit atau penuh sampah.

Berdasarkan data dari Dinas PU Kota Cimahi, hingga September 2012 sekitar 30 titik drinase yang tersebar di sejumlah kelurahan di Kota Cimahi yang sebagian besar sudah rampung diperbaiki. Tinggal hanya beberapa titik yang masih dalam pengerjaan. Sisanya sekitar 15 titik lagi akan diajukan dalam tahap berikutnya.

Selain pengerjaan perbaikan drinase sebagai antisipasi terjadinya banjir, juga selokan dan saluran air baik yang masuk daerah jalan maupun masuk fasilitas umum (fasum) lainnya yang volumenya tergolong kecil, yakni kerusakannya sepanjang 2 meter hingga 3 meter dengan tingkat kerusakan dari yang ringan hingga berat.

Selain perbaikan drinase, dalam mengantisipasi banjir pada musim hujan tersebut DPU Kota Cimahi juga melakukan pengerukan sampah dan lumpur di sejumlah titik anak sungai. Untuk pengerukan, DPU bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), terutama untuk pengangkutan lumpur dan sampah yang telah dikeruk dari anak sungai yang rata-rata airnya sedang surut. (Dhany/”Bag. Humas Pemkot Cimahi”)