Loading...

Sosialisai ISO 9000 Dan ISO 14000

Administrator 04 Mei 2014 545 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan Sosialisasi ISO 9000 dan ISO 14000 bagi pengusaha industri di Kota Cimahi. Kegiatan ini dilaksanakan di Local Education Center (LEC) Jl. Permana No. 31 A, Citeureup – Cimahi.  Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan tahapan dalam mengakses sertifikasi ISO untuk diterapkan dalam perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Cimahi agar dapat meningkatkan kualitas dari perusahaan tersebut. Slogon ISO adalah “Kerjakan apa yang anda tulis, tulis apa yang sudah anda kerjakan”. Slogan inilah yang di sosialisasikan untuk diterapkan dalam perusahaan – perusahaan yang ada di Kota Cimahi. Harapan Pemerintah Kota Cimahi dengan adanya Sosialisasi ISO ini adalah agar perusahaan-perusahaan yang berada di kawasan Industri Kota Cimahi dapat menerapkan / mengaplikasikan prosedur sehingga layak dan dapat memperoleh sertifikasi ISO pada masa yang akan datang.


ISO 14001 merupakan salah satu bagian dari seri ISO 14000, seluruh bagian dari seri ISO ini adalah berkenaan tentang manajemen lingkungan. Kegiatan  yang dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini dihadiri oleh 50 Pimpinan Perusahaan Industri yang ada di Kota Cimahi. Adapun tujuan untuk menggunakan Standard Sistem  manajemen Lingkungan ini adalah :

 

  1. Untuk membantu Organisasi mengurangi efek negatif terhadap lingkungan (baik darat, air ataupun udara) atas seluruh operasional yang mereka jalankan.
  2. Untuk membantu Organisasi dalam rangka mentaati seluruh aturan tentang Lingkungan yang berlaku, regulasi ataupun persyaratan lain berkait dengan lingkungan.
  3. Membantu organisasi meningkatkan kualitas atas kedua hal tersebut.


Manfaat ISO 14001
Keuntungan atau manfaat dengan diperolehnya sertifikat ISO 14001 bagi Organisasi kurang lebihnya dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Organisasi, dengan sistem manajemen mutu yang mereka targetkan dan kembangkan terus-menerus, secara tidak langsung juga mengurangi potensi mereka untuk menderita kerugian yang diakibatkan oleh denda atas rusaknya lingkungan sebagai dampak dari operasional mereka.
  2. Penghematan anggaran organisasi. Sebab dengan diberlakukannya Sistem Manajemen Lingkungan, organisasi menjadi lebih ketat dalam hal efisiensi sumberdaya dan biaya.
  3. Organisasi menjadi lebih responsif untuk menyesuaikan diri dengan peraturan terbaru tentang Lingkungan sehingga (sekali lagi) mengurangi resiko terkena denda atas polusi yang mungkin ditimbulkan.
  4. Menguatkan merek dagang dari organisasi tersebut (jika ada). Sebab dengan memberlakukan Sistem Manajemen Lingkungan, dapat membuat lebih banyak orang menjadi simpatik sebab organisasi yang bersangkutan sangat memperhatikan dan berusaha meminimalisir dampak lingkungan yang sekiranya mereka timbulkan.


Manfaat Sistem Manajemen Lingkungan atau dengan kata lain manfaat Sertifikat ISO 14001 bagi Perusahaan yang mendapatkannya adalah :

  1. Menurunkan potensi negatif/dampak negatif terhadap lingkungan
  2. Meningkatkan kinerja lingkungan
  3. Memperbaiki tingkat pemenuhan peraturan tentang Lingkungan
  4. Mengurangi dan mengatasi resiko lingkungan yang mungkin timbul
  5. Dapat mengurangi biaya produksi dan meningkatkan pendapatan
  6. Dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja
  7. Dapat memelihara hubungan baik dengan masyarakat, pemerintah, ataupun terhadap pihak-pihak lain yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan
  8. Memberikan jaminan kepada konsumen mengenai komitmen pihak Top Manajemen terhadap lingkungan
  9. Dapat mengangkat Citra Perusahaan
  10. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
  11. Memperbesar Pangsa Pasar
  12. Mempermudah dalam memperoleh Izin dan Akses Kredit Bank
  13. Meningkatkan motivasi para pekerja
  14. Meningkatkan hubungan dengan pemasok
  15. Sebagai langkah menuju pembangunan yang berkelanjutan