Loading...

Dishub Akan Tambah 3 CCTV

Administrator 05 Mei 2014 175 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Untuk memudahkan pemantauan arus lalu lintas di Kota Cimahi, Dinas Perhubungan setempat berencana kembali memasang tiga CCTV (Closed Circuit Television) di sejumlah titik rawan kepadatan kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Erik Yudha Buana mengatakan, rencananya tiga kamera pengintai itu akan dipasang di Jln Cimindi, Jln Baros dan Jln Sangkuriang.

Ketiga CCTV itu untuk melengkapi tujuh kamera yang telah terpasang di
Simpang Kebon Kopi, Simpang Bunderan Leuwi Gajah, Simpang Alun-alun Cimahi, Simpang Cihanjuang, Simpang Cimall dan Simpang Citeurep-Kolmas.

Dengan keberadaan kamera tersebut, pihaknya tidak hanya bisa melihat kondisi kemacetan lalu lintas saja, melainkan dapat merekam sejumlah peristiwa kriminal.

"Waktu itu pernah terekam kasus penjambretan. Bahkan, ada juga pohon tumbang yang sempat terekam," katanya, kepada wartawan, Senin (5/5/2014).

Untuk menambah tiga kamera tersebut, pihaknya harus merogoh kocek hingga Rp190 juta. Sedangkan tujuh kamera sebelumnya menghabiskan anggaran hingga Rp400 juta.

Untuk mengoperasikan kamera itu, pihaknya melibatkan personel Dishub yang berjaga di kantor (ruang CCTV) sebanyak empat orang. Untuk petugas di lapangan sebanyak 20 personel yang akan berjaga.
 
"Ketika petugas sedang memantau CCTV terlihat kemacetan, maka petugas di lapangan akan langsung terjun ke lokasi macet," paparnya.(ha)