Loading...

3 Sekolah Ikuti Lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan

Administrator 22 Mei 2014 216 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Tiga sekolah di Kota Cimahi ikuti penilaian lomba Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) tingkat provinsi Jawa Barat. Sekolah tersebut telah mewakili masing-masing tingkatannya di tingkat kota.

Kepala kantor Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Untung Undiyanto menjelaskan, SBL merupakan sekolah yang melakukan pengelolaan lingkungan dengan baik antara lain building coverage atau lahan tertutup bangunan dengan ruang terbuka hijau yakni 40 % bangunan, 60 % ruang terbuka hijau.

"Di setiap ruangan pun harus ada tanaman hidup yang berfungsi. Penilaian lainnya adalah kebersihan dari mulai ruang kantor, ruang kelas hingga WC," katanya, kepada wartawan, Kamis (22/5/2014).

Ketiga sekolah yang tengah mengikuti lomba tingkat provinsi itu antara lain SMKN 1, SMP 4, SD Karangmekar mandiri 1. Mereka sebelumnya sukses menjadi pemenang di tingkatnya masing-masing.

Dalam penilaian ini, Untung mengatakan kalau pihaknya menargetkan untuk mendapatkan penghargaan SBL tingkat Provinsi.

"Yang untuk tahun depan mereka akan diusulkan mengikuti penilaian Adiwiyata tingkat Nasional," katanya.

Program Adiwiyata merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI dan BPLHD Propinsi Jawa Barat.

"Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup," paparnya.(ha)