Loading...

Sekolah Didorong Memiliki Program Reading Habit

Administrator 25 Mei 2014 132 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Dalam rangka memacu minat membaca di kalangan generasi muda khususnya pelajar sekolah, Pemkot Cimahi menggulirkan program Cimahi Reading Habit (CRH) di setiap sekolah.

Kepala Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE), drg. Chanifah Listyarini MHM mengatakan, menumbuhkan anak gemar membaca dapat diwujudkan sekolah dengan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya yang ada di perpustakaan setiap sekolah termasuk potensi guru sebagai pembimbing belajar siswa.

"Untuk mewujudkan anak yang mempunyai kegemaran membaca harus dipupuk sedini mungkin dan digiatkan secara serentak dan terpadu," katanya, baru-baru ini.

Berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga tingkat membaca di generasi muda Indonesia sangatlah rendah. Oleh karena itu, diperlukan rekayasa sosial dalam iklim membaca menjadi penting dan mendesak untuk segera digulirkan.

Menurut dia, pembudayaan kegemaran membaca ini lebih mudah ditanamkan pada anak sedini mungkin dan berlanjut secara terus menerus. Karena menurut teori prilaku idealnya dibutuhkan 4-5 tahun untuk merubah suatu prilaku.

"Hal ini dapat terwujud apabila dalam praktiknya melibatkan peran serta semua komponen bangsa baik di tingkat pusat maupun daerah. Diperlukan suatu program yang bermanfaat dan berkesinambungan di sekolah-sekolah," paparnya.

Apabila hal itu terwujud, maka kecerdasan literasi menjadi tantangan berikutnya. Walikota Cimahi menantang generasi muda dalam program Cimahi Leadership reading Challenge (CLRC).

Suatu program yang mengedukasi siswa dalam membaca, menulis dan berdiskusi, di dalamnya terdapat pula peranan siginifikan orang tua serta guru pendamping selama proses berlangsung, disertai gimmick menarik sebagai stimulus, dan goalnya adalah reward pimpinan tertinggi di Kota Cimahi.

Kedua program tersebut (CRH & CLRC) berjalan seiringan karena sifatnya simultan dan sustainable. CRH merupakan starting point dari pelaksanaan CLRC.

Program ini tak hanya berhenti sampai di tingkat Kota saja, siswa yang berpotensi dapat pula diikutsertakan dalam program LRC Provinsi ataupun LRC luar negeri (Australia) sebagai perintis/pioneer program ini.

Diharapkan melalui program CRH (Cimahi Reading Habit) akan muncul generasi cerdas, generasi membaca, generasi pembelajar cikal bakal SDM handal yang menjadi investasi jangka panjang bagi Kota Cimahi.

Generasi inilah yang diharapkan mampu menjadi agen perubahan (agent of change) bagi bangsa di masa depan.