Loading...

Penilaian WTP Jadi Kado Hari Jadi Cimahi ke-13

Administrator 29 Mei 2014 125 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Kota Cimahi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jabar atas Laporan Keuangan Pemerintahan Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2013. WTP ini menjadi kado bagi daerah yang akan merayakan Hari Jadinya ke-13 pada Juni mendatang.

Di Jabar setidaknya ada empat kota/kabupaten lainnya yang mendapatkan opini serupa antara lain Kab Banjar, Kota Depok, Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka yang memperoleh prestasi dalam hal penatausahaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Kepala Perwakilan BPK Jabar Jabar, Cornell S. Prawiradiningrat mengaku senang karena semakin banyak kabupaten/kota yang mendapatkan opini WTP. Tapi disisi lain dirinya pun mengaku sedih karena pada tahun ini ada juga pemda yang turun opininya.

Menurut dia, pemeriksaan atas LKPD tahun anggaran 2013 dilakukan untuk memberikan keyakinan kepada BPK bahwa pemda telah menyajikan secara wajar semua akun sesuai prinsip akuntansi yang ditetapkan dalam standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan efektivitas system pengendalian intern pemerintah.

"Saya ucapkan selamat atas opini WTP yang diraih karena ini merupakan kerja keras, kesungguhan, serta komitmen dari masing-masing Pemda untuk terus meningkatkan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah yang transparan dan akuntabel," katanya, saat menyerahkan penilaian di Kantor BPK, Rabu (28/5).

Walikota Cimahi Atty Suharti mengaku sangat senang sekaligus bangga atas opini WTP tersebut, terlebih penilaian itu diperoleh pada saat Kota Cimahi akan memperingati Hari jadinya yang ke-13 pada 21 Juni mendatang.

"Akhirnya untuk pertama kalinya Cimahi meraih WTP, tentu ini merupakan kado yang sangat istimewa bagi hari jadi Kota Cimahi ke-13. Saya juga mengapresiasi hasil kerja keras tim di pemerintah Kota Cimahi dan tentunya juga WTP ini merupakan hasil pembinaan dari BPK juga," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula LHP atas LKPD TA 2013 kepada 12 Pemda lain di Jawa Barat,yaitu Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kab Tasikmalaya, Kota Cirebon, Kab Cirebon, Kab Sumedang, Kab Cianjur, Kab Bekasi, Kab Indramayu, Kab Bogor, dan Kab Subang. Dari 12 Pemda tersebut Kab Indramayu mendapatkan opini Tidak Menyatakan Pendapat atau Disclaimer Opinion, sedangkan sebelas entitas lainnya mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).