Loading...

KAPPDE Gelar Workshop Menulis Artikel

Administrator 17 Juni 2014 144 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Dalam rangka merangsang minat baca siswa, Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) menggelar Workshop Menulis Artikel Untuk Koran dan Majalah di Aula gedung B Perkantoran pemkot Cimahi, Selasa (17/6/2014).

Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya 100 Siswa SMA dan sederajat se-Kota Cimahi. Hadir sebagai nara sumber pada kegiatan tersebut antara lain Efri Cristianto dan Aep Abdulah dari Harian Umum Galamedia.

Kepala KAPPDE Chanifah Listyarini selaku ketua penyelenggara mengatakan, dimasa depan apapun bidang pekerjaannya akan sangat memerlukan skill penunjang berupa kepiawaian dalam menulis.

Rini mengingatkan bahwa kemampuan dan kualitas menulis seseorang akan ditentukan sejauh mana kedalamannya dalam menguasai literatur. Kalau tidak, maka hasil tulisan, akan rendah kualitasnya.

"Kita sama-sama melihat, bagaimana kemampuan menulis dapat menjadi modal dalam ekonomi kreatif. Menjadi penulis, saat ini telah menjanjikan prospek masa depan yang baik,” katanya.

Selain itu, diharapkan para peserta workshop tersebut untuk menambah wawasan para siswa dalam bidang penulisan artikel.

Terlebih kemampuan menulis dapat dikembangkan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menghadapi persaingan masa depan.

Salah satu narasumber, Efri Cristyanto, memberikan sugestinya kepada peserta bahwa menulis itu mudah, dan juga memberikan tips menulis artikel. Efri, menjelaskan agar artikel dapat diterima oleh redaktur suatu media massa maka penulis harus mengikuti aturan-aturan dari media yang dituju.

Misalnya, mengikuti aturan batasan jumlah karakter dan kesesuaian artikel dengan bingkai/rubrik yang ada.

Dirinya menghimbau agar penulis jangan pernah menyerah untuk menulis dan mengirimkan artikel ke media yang diinginkan. Berdasarkan pengalamannya, proses pembelajaran ini akan membuat kita menjadi lebih fasih menulis