Loading...

Pagelaran Wayang Golek Dalam Rangka Hari Jadi Kota Cimahi Ke - 13

Administrator 22 Juni 2014 5758 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Setelah pada pagi hari memulai rangkaian kegiatan dengan Pawai/arak-arakan dan helaran seni dari kawasan Pemkot Cimahi menuju Lapangan Rajawali, Jl. Gatot Subroto, Cimahi yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi serta Penyelenggaraan Teacher of The Year yang diprakarsai oleh Dinas Pendidikan Kota Cimahi, pada malam harinya, Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan Pagelaran Wayang Golek , Rampak Dalang Kota Cimahi.

Latar Belakang penyelenggaraan pagelaran Wayang Golek, rampak dalang kota Cimahi adalah dalam rangka memeriahkan hari Jadi Kota Cimahi ke – 13 serta untuk melestarikan Budaya Jawa Barat kepada Masyarakat Kota Cimahi. Wayang merupakan salah satu hasil kebudayaan dan warisan yang memiliki nilai tinggi yang mengandung simbol-simbol tertentu. Bahkan pagelaran wayang sering kali mengupas kejadian aktual dalam kehidupan sehari-hari. Seni pertunjukan wayang adalah media ekspresi yang didalamnya terdapat beragam unsur seni yang lengkap, yakni : seni sastra, seni musik, seni suara, seni drama dan seni rupa. Disamping secara struktur pertunjukannya merangkum berbagai unsur seni, dalam kisah yang dibawakannya banyak mengandung nilai-nilai moralitas, budi pekerti, maupun filsafat yang kesemuanya menawarkan nilai-nilai keluhuran. Maka tidak heran bila seni pertunjukan wayang kemudian diberi label sebagai kesenian yang adi luhung.
Judul pagelaran wayang golek, rampak dalang Kota Cimahi adalah “Srikandi Dewi Kembang Yudha” dan bertemakan : “Tekadkan Cerdas”. Pagelaran wayang golek Rampak dalang Kota Cimahi ini menampilkan :


a. Dalang Kota Cimahi, antara lain :

  • Dalang anak (Yusdika)
  • Dalang remaja (Yudha Permana)
  • Dalang Dewasa (Eka Gumbira, Mukhtar Sutarya, dan Aep Sopandi)
  • Dalang Lansia (Tata Wijaya)

b. Pupuh pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) Kota Cimahi, antara lain :

  • Abah Warki dan
  • Abah Yano Irba
  • Pagelaran wayang golek Rampak dalang Kota Cimahi ini disutradarai oleh Hermana HMT yang meraih Sutradara terbaik pada Pagelaran Seni di Wilayah Priangan I Jawa Barat. Penata Musik Iwan setiawan, serta Sinden Euis Setiawati, juga menampilkan bintang tamu yang kocak antara lain :
  • Kang Uci RT
  • Ceu Popon
  • Mang Akew
  • Kang Pele


Pagelaran wayang Golek Rampak Dalang Kota Cimahi ini juga semakin menarik dengan adanya penampilan animasi dari Cimahi Creative Association (CCA) sepanjang pagelaran. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti Tochija ini berlangsung meriah, serta mengundang banyak masyarakat untuk menyaksikannya. Selain itu adanya pasar tumpah di Lapangan Rajawali juga menambah kemeriahan pagelaran Wayang Golek, Rampak Dalang Kota Cimahi.