Loading...

Pasar Modern Tidak Akan Matikan UMKM

Administrator 25 Agustus 2014 212 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Cimahi diminta tidak khawatir dengan terus bertambahnya pasar modern. Karena kehadirannya tidak akan mematikan keberadaan mereka.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskoperindagtan) Kota Cimahi Huzen Rachmadi mengatakan, pemerintah hingga kini masih memiliki komitmen kuat untuk mempertahankan dan mengembangkan UMKM ditengah berbagai gempuran pasar modern dengan modal yang nyaris tanpa batas.

Masuknya, Carefour sama sekali hanyalah merubah kepemilikan dan manajemen saja. Untuk masalah perizinan dan lainnya, itu melanjutkan pasar modern sebelumnya Toserba Samudra.

"Carefour pun harus menerima produk UMKM Cimahi. Ini menjadi tugas kami untuk membina mereka setengah mati. Kemudian mereka dibantu bagaimana caranya barang UMKM bisa masuk pasar moder," kata dia.

Dia menjelaskan, suatu produk bisa masuk supermarket atau pasar modern haruslah memiliki sejumlah perizinan, seperti PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), sertifikat halal dan lainnya. Untuk itu, pihaknya siap membantu agar pelaku UMKM punya PIRT dengan biaya cuma-cuma.

Oleh karena itu, pihaknya juga akan melakukan pembinaan terhadap produk mereka agar layak masuk pasar modern dengan kriteria tertentu. Pembinaan pun akan menyasar wilayah marketing dan manajemen.(HA)