Loading...

Kepatuhan Perusahaan di Cimahi Dinilai Lebih Baik

Administrator 28 Agustus 2014 56 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
CIMAHI - Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Cimahi Benny Bahtiar meminta para pengawas yang dimilikinya utnuk tidak mempercayai sepenuhnya laporan yang disampaikan perusahaan terkait pelaksanaan Ketenagakerjaan.
 
Hal itu disampaikan Benny, setelah sebelumnya muncul dugaan banyaknya perusahaan di Cimahi dan Bandung Barat yang secara mengaja mencantumkan jumlah upah setengah dan banyaknya tenaga kerja yang mereka miliki.
 
Hal itu dilakukan para perusahaan nakal 'untuk menyiasati' pengeluaran yang lebih tinggi karena diharuskan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan dan menghindari pajak.
 
"Tidak menutup kemungkinan perusahaan nakal di Cimahi masih ada yang seperti itu, makanya saya minta pengawas untuk lebih jeli dan tidak percaya pada laporan yang disampaikan perusahaan," katanya, Jumat (29/8/2014).
 
Dirinya yakin, kalaupun ada perusahaan nakal seperti itu pada umumnya bukan perusahaan besar, melainkan home industry dengan jumlah tenaga kerja tidak lebih dari 10 orang.
 
Dibandingkan daerah tetangga seperti Kab Bandung Barat, dirinya yakin tingkat kepatuhan pelaku bisnis di Cimahi jauh lebih baik dengan ketatnya pengawasan terhadap semua komponen yang terlibat dalam perjanjian kerja agar mereka mendapatkan haknya masing-masing. (HA)