Loading...

Pelaku UMKM Bisa Diharapkan Komunitas

Administrator 09 September 2014 490 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan, dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi berharap, para pelaku UMKM di wilayahnya bisa bergabung dalam beberapa komunitas UMKM. Sehingga mereka bisa menggaet dan bekerja sama dengan perbankan untuk mendapat pinjaman lunak dari bank.

Kadiskopindagtan Kota Cimahi, Huzen Rachmadi di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Selasa (9/9) me­nuturkan, pihaknya berharap para pelaku UMKM masuk dalam komunitas yang kini sudah berdiri di Kota Cimahi. Dengan menjadi ang­gota komunitas, para pelaku UM­KM bisa menggandeng perbankan untuk masalah permodalan.

"Saat ini sudah ada tujuh komunitas UMKM di Cimahi. Saya berharap, para pelaku UMKM bisa masuk ke komunitas tersebut," katanya.

Huzen menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait komunitas tersebut kepada para pelaku UMKM di Cimahi.

Jika masuk komunitas, lanjut Huzen, permodalan akan lebih mudah didapat dibandingkan de­ngan mengajukan perorangan. Bahkan permodalan tersebut bisa berupa pinjaman lunak.

"Kalau perorangan, biasanya untuk mendapatkan pinjaman lunak ke bank perlu ada jaminan. Tapi bila melalui komunitas yang sudah kerja sama dengan bank, tidak perlu ada jaminan," jelasnya.

Meski tidak ada jaminan, Huzen mengakui sejumlah bank akan me­nge­cek ke Diskopindagtan jika ada anggota suatu komunitas mengajukan pinjaman lunak. Pihaknya pun akan mengeluarkan rekomendasi.

"Dari bank biasanya mengecek dan minta rekomendasi dari kita terkait komunitas tersebut. Tapi tidak semua bank melakukannya," katanya.

Di wilayah Cimahi terdapat sekitar 7.000 pelaku UMKM yang kebanyakan bergerak di bidang kuliner, fesyen, dan kerajinan.

Selain lewat komunitas, para pelaku UMKM bisa mendapat pinjaman lunak melalui koperasi. Namun tentu saja koperasinya harus mendapat bantuan dana dari perbankan.

"Makanya, selain komunitas, kita harap koperasi juga bekerja sama dengan perbankan," katanya. Huzen menambahkan, jumlah koperasi yang aktif di Cimahi sekitar 470 unit dan mayoritas bergerak di bidang simpan pinjam. (HD)