Loading...

Pemkot Akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Administrator 21 September 2014 172 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Pemkot Cimahi memastikan ketersediaan hewan kurban pada Idul Adha 1435 Hijriah dalam kondisi aman. Diperkirakan, sebanyak 3.000 ekor kambing dan sapi akan disembelih warga momen sakral tersebut.

Kepala Bidang Pertanian Diskopindagtan Kota Cimahi Heri Herdiana mengatakan, dari jumlah kebutuhan hewan untuk disembelih pada hari Iduladha itu sebanyak 2.500 ekor diantaranya merupakan kambing dan sisanya sapi.

"Soal pasokan kami juga terbantu dengan banyak penjual dadakan yang kebanyakan berasal dari luar Cimahi," katanya, kepada wartawan, Minggu (21/9/2014).

Heri pun meyakini harga hewan kurban akan kembali mengalami kenaikan sebesar 10%. Yang lebih penting dari sekadar harga adalah kesehatan hewan itu sendiri.

Untuk memberikan jaminan hewan kurban yang disembelih tidak berpenyakit yang membahayakan manusia, mulai 26 September hingga H+3 Iduladha pihakya akan mulai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh hewan yang ada di Cimahi. Bagi hewan yang dianggap sehat dan memenuhi kriteria akan mendapatkan kalung sehat.

"Selain itu, mulai Selasa [23 September] kami akan memberikan pelatihan cara penyembelihan dan hewan daging kurban bagi para pengurus masjid," ujarnya.(HA)