Loading...

Atty Minta Pemuda Mampu Bersaing

Administrator 28 Oktober 2014 72 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Pada peringatan Sumpah Pemuda 2014, Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengingatkan para pemuda untuk siap menghadapi persaingan pasar tunggal atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang.

MEA merupakan pasar tunggal yang tak hanya membuka arus perdagangan barang dan jasa, tapi juga akan membuka pasar tenaga kerja. Apabila pemuda, Indonesia tidak memiliki skill mumpuni mereka akan menjadi penonton di negerinya sendiri.

"Pemuda harus mempersiapkan diri agar bisa bersaing pada waktunya nanti. Karena bagaimanapun, nasib bangsa kedepan akan sangat ditentukan pemuda hari ini," kata Atty, Selasa (28/10/2014).

Menurut dia, pemuda yang maju haruslah inovatif dan memiliki kreatifitas tinggi sertai kompetensi agar mampu bertahan dan bersaing ditengah persaingan global.

Sekadar gambaran,  pada 2010 setidaknya ada 62,3 juta anak muda berusia 16-30 tahun di Indonesia. Angka ini mewakili sekitar 26,3% dari total jumlah penduduk Indonesia. Menariknya, hingga 2035 jumlah generasi muda Indonesia diprediksi akan meningkat hingga 70 juta jiwa.(HA)