Loading...

Wali Kota Minta Bidan dan Paraji Besinergi

Administrator 07 Desember 2014 478 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Wali Kota Cimahi Atty Suharti meminta agar bidan dan dukun saling bersinergi. Ini penting agar kelahiran ibu lacar dan bayi yang baru lahir juga selamat dan sehat.

Hal itu disampaikan orang nomor satu di Kota Cimahi saat membuka Seminar Peningkatan potensi dan Kemitraan Bidan dan Dukun Beranak, di Gedung A Pemkot cimahi, Selasa (2/12/2014).

Seperti diketahui, sebelum adanya bidan seperti saat ini, dukun beranak berperan penting dalam proses persalinan. Dia menjadi pahlawan yang menyelematkan nyawa dua manusia, ibu dan bayi. Seiring berjalannya waktu, bidan yang memiliki keilmuan mumpuni dalam hal persalinan lebih berwenang menangani proses persalinan.

"Kami memberikan pemahaman pada paraji dan bidan. Kami mengundang mereka untuk membertikan pemahaman, tugas paraji (dukun beranak) seperti apa, dan tugas bidan seperti apa," paparnya.

Kemitraan bidan dan dukun adalah suatu bentuk kerjasama bidan dengan dukun yang saling menguntungkan dengan prinsip keterbukaan, kesetaraan dan kepercayaan dalam upaya menyelamatkan ibu dan bayi yang baru lahir. Kemitraan ini menempatkan bidan sebagai penolong persalinan dan mengalihfungsikan peran dukun dari penolong persalinan menjadi mitra dalam banyak hal.(HA)