Loading...

Pemasangan WiFi Didesain Tidak Untungkan Satu Operator

Administrator 08 Desember 2014 201 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Kantor Arsip Perpustakan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Kota Cimahi berjanji akan menyediakan jaringan internet gratis di sejumlah tempat publik. Tapi, pihaknya sedang merancang agar tidak menguntungkan salah satu operator.

Kepala KAPPDE Kota Cimahi drg. Chanifah Listyarini MHM mengatakan, saat ini pihaknya telah menerima tawaran dari perusahaan telekomunikasi yang akan menyediakan fasilitas internet berupa ratusan titik WiFi di sejumlah ruang publik.

"Kami sudah membuat MoU tentang kerjasama ini. Saat ini kami memproses tahap pemasangan dan lain-lain. Diantaranya tempat aktivitas publik yang akan difasilitasi itu adalah puskesmas dan kantor kecamatan. Bahkan bukan tidak mungkin walikota ketika berkoordinasi cukup dengan menggunakan layanan video conference," katanya, kepada wartawan, kemarin.

Dengan kata lain, Rini begitu dia akrab disapa, memastikan visi Cimahi sebagai kota cyber yang dulunya diusung oleh mantan Walikota Itoc Tochija masih sejalan dengan konsep pembangunan yang diusung oleh Walikota saat ini Atty Suharti 'Cimahi Cerdas'.

Pembangunan Baros Information Technology and Creative (BITC) sebagai ikon sekaligus pusat pengembangan bisnis industri kreatif khususnya dibidang telematika adalah sebagai contoh bahwa pihaknya sedang mewujudkan Cimahi Cyber City.

"Kami ingin semua terlibat dalam proses konsep cyber city. Tidak hanya pihak pemkot namun dari pihak provider dan lainnya. Hal pertama yang kami lakukan adalah pemasangan wifi gratis bagi masyarakat. Saat ini sedang disiapkan fiber optik," paparnya.(HA)