Loading...

Soal PSKS, Cimahi Siap Validasi Data Jika Diperlukan

Administrator 09 Desember 2014 250 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Mengenai pemberian Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dari pemerintah pusat yang banyak tidak tepat sasaran, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Cimahi mengaku telah menyiapkan validasi data terbaru.

Kepala Dinsosnakertrans Kota Cimahi Beny Bachtiar menjelaskan, banyaknya warga yang seharusnya tidak menerima PSKS karena data yang digunakan sudah tidak lagi melihat kondisi di lapangan sebenarnya. Hal ini terjadi pula di daerah lain.

"Yang tidak tepat sasaran itu selalu saja ada dan ini sedang kita perbaiki datanya," katanya, kepada wartawan, Selasa (9/12/2014).

Beny mengaku saat ini pihaknya telah memiliki data valid mengenai hal itu tinggal melakukan sinkronisasi saja. Meski demikian, validasi itu masih menunggu intruksi pemerintah pusat.

Pada umumnya masalah yang terjadi disebabkan data yang dipakai untuk acuan penerima PSKS 2014 berasal dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) pada 2011.

"Yang menerima PSKS sama dengan BLSM karena data itu berasal dari TNP2K. Sudah banyak penerima bantuan yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan sehingga perlu diperbarui. Tapi, bantuan itu langsung dari pusat sehingga penentuan datanya juga dari pusat," ujarnya. (HA)