Loading...

Disdik Santai Sikapi Penghentian Kurikulum 2013

Administrator 09 Desember 2014 45 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

CIMAHI - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi meminta stakeholders terkait pendidikan tetap tenang dalam menyikapi hirup pikuk pemberitaan mengenai dihentikannya kurikulum 2013 (k13) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kabid Pendidikan Dasar Disdikpora Kota Cimahi, Hartati mengatakan, keputusan resmi penghentian K13 dari pemerintah pusat belum diturunkan. Selain itu, K13 di Cimahi masih dalam tahap sosialiasasi dan evaluasi.

"Beberapa waktu lalu kami baru saja dari Jakarta untuk pertemuan membahas K13 ini. Intinya kepada semua pihak dimohon tenang, kita tunggu hasil dari tim evaluasi dan monitoring," katanya, kepada wartawan, Selasa (9/12/2014).

Menurut dia, semua sekolah di Cimahi dari tingkat dasar hingga menengah telah menerapkan K13 yang mengedepankan kreativitas itu. Bahkan, kesiapan untuk kelas ini sudah ada, termasuk memesan buku untuk semester 2 nanti. Pengadaan buku ini dibeli dari anggaran DAK melalui lelang.

Dia mengakui, penerapan kurikulum 2013 ini tidak sepenuhnya diterima oleh para guru. Banyak guru yang lebih nyaman dengan kurikulum sebelumnya yang cenderung pembelajaran satu arah dari guru ke murid saja.

Padahal pendidikan itu harus dinamis dan perlu ada pembaharuan mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum harus terus berbenah, mengevaluasi kekurangan yang ada.

"Kalau kaget dan gundah karena kurikulum 2013 ini wajar. Namanya juga baru dan perlu adaptasi untuk kurikulum pendidikan yang lebih baik," paparnya.(HA)