Loading...

Cimahi Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2014

Administrator 18 Desember 2014 40 kali dilihat
Bagikan:
NotFound

Dinilai berkomitmen dalam implementasi strategi Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA), Kota Cimahi diganjar penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya pada tahun 2014.Apresiasi tersebut harus menjadi pembuktian bagi Pemkot Cimahi untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai sektor pembangunan.

Penghargaan tersebut diserahkan di Gedung BKKBN Jl. Permata No. 1, Halim Perdana Kusuma-Jakarta. Penghargaan digagas Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Ibu.

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, penghargaan APE tingkat Madya diberikan kepada Pemkot Cimahi atas dasar penilaian tim independen kementrian. "Penilaiannya meliputi implementasi strategi pengarusutamaan gender, pencapaian dan inovasi dalam perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta upaya untuk memenuhi hak anak," ujarnya.

Penghargaan serupa didapat Pemkot Cimahi tahun 2013 pada kategori pratama. Ada peningkatan nilai Kota Cimahi secara signifikan, penghargaan ini dapat diraih karena kerja keras dan kerjasama para pihak terutama stakeholders lainnya dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan, perlindungan perempuan dan anak, pemenuhan hak anak dan upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender diberbagai aspek pembangunan dan kehidupan, katanya.

Menurut Atty, selain pelatihan bagi kaum perempuan dan P2WKSS, program lain yang dianggap inovatif yaitu revitalisasi dan penguatan Kelembagaan Posyandu. Kota Cimahi juga telah mendirikan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).

Untuk melindungi hak anak, Pemkot Cimahi beserta pemangku kebijakan lain juga melakukan berbagai kegiatan, seperti pelatihan tata cara penanganan anak yang berhadapan dengan hukum.
Kemudian pelatihan penanganan anak berkebutuhan khusus, konvensi hak anak, pelatihan tata cara perlindungan anak dalam bencana, pengembangan kota layak anak, Forum Anak Daerah Kota Cimahi serta berbagai bentuk apresiasi lainnya terhadap aspirasi anak. (HD)