Loading...

Musim Hujan, Warga Diminta Waspadai DBD

Administrator 28 Desember 2014 521 kali dilihat
Bagikan:
NotFound
CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mulai mewaspadai mewabahnya serangan penyakit demam berdarah dengue (DBD) seiring telah tibanya musim  hujan. 
 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi dr Fitriani Manan mengatakan, bibit penyakit DBD adalah habitatnya di air bersih yang tergenang sehingga kasusnya meningkat pada musim hujan.
 
"Dengan kata lain, nyamuk DBD ini nyamuk elit karena tumbuh di genangan air bersih. Makanya, masyarakat harus mulai waspada terutama di kawasan perkotaan," katanya, kepada wartawan, Minggu (28/12/2014).
 
Untuk mengatasi hal itu, masyarakat diingatkan untuk melakukan gerakan 3M Plus (mengubur barang bekas, menutup bak penampungan, dan menguras bak mandi) dan memelihara ikan pemakan jentik di kolam.
 
"Selain menjaga kebersihan lingkungan, antisipasi juga bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi asupan makanan bergizi, memperbanyak makan buah, minum air putih dan olahraga teratur," ujarnya.
 
Fitri menerangkan, DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti mempunyai gejala demam dengan siklus tinggi-rendah dalam tempo beberapa hari. Bukan hanya DBD, penyakit lain yang perlu diwaspadai di musim hujan yakni diare karena banjir biasanya membuat air tercemar.
 
"Batuk, pilek dan sakit tenggorokan juga biasanya meningkat kasusnya karena perubahan cuaca dan hujan hujanan," pungkasnya. (HA)